Otomotif
·
6 Desember 2020 9:15

Kekayaan Mensos Juliari Batubara Capai Rp 47 Miliar, Cuma Punya 1 Mobil?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kekayaan Mensos Juliari Batubara Capai Rp 47 Miliar, Cuma Punya 1 Mobil? (941834)
searchPerbesar
Menteri Sosial, Juliari Batubara. Foto: Dok. Kemsos
Mensos Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) corona, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, Tanggal Penyampaian/Jenis Laporan-Tahun: 30 April 2020/Periodik - 2019), totalnya mencapai 47 miliar, sudah dipotong utang.
Namun yang menarik dari laporan tersebut, Juliari tercatat hanya memiliki 1 alat transportasi, yaitu Land Rover Jeep Tahun 2008, yang ditaksir Rp 618.750.000.
Kekayaan Mensos Juliari Batubara Capai Rp 47 Miliar, Cuma Punya 1 Mobil? (941835)
searchPerbesar
Pabrik Jaguar Land Rover Foto: dok. Asia Nikkei
Ada di dalam laporan, hartanya memang mayoritas berupa tanah dan bangunan, yang total nilainya mencapai Rp 48,1 miliar, ketimbang transportasi, dan lainnya.
Nah kembali soal Land Rovers. Ini merupakan merek mobil mewah asal Inggris. Beberapa model yang dikenal ada Land Rover Defender, Discovery, Evoque, Sport dan lainnya.
Terkenal dengan citra mobil SUV tangguh, Land Rover pertama kali dibuat pada tahun 1948. Ini mobil 4x4 tertua kedua setelah Jeep.
Kekayaan Mensos Juliari Batubara Capai Rp 47 Miliar, Cuma Punya 1 Mobil? (941836)
searchPerbesar
(kiri) Land Rover Defender 90 dan Land Rover Defender 110 (kanan) diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2019. Foto: Carscoops
Dan memang, cuma orang-orang tertentu yang memiliki mobil ini. Selain yang kantongnya tebal, biasanya adalah pecinta otomotif.
ADVERTISEMENT

Mantan Ketua Umum IMI

Mengutip situs jpbatubara.com Mensos Juliari Peter Batubara, ternyata pernah menjabat sebagai ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), periode 2003- 2011.
IMI sendiri merupakan organisasi yang memfasilitasi industri olahraga otomotif di Indonesia, serta seluruh kegiatan komunitas kendaraan bermotor.
Tak hanya itu, IMI juga berpartisipasi dalam menciptakan keamanan lalu lintas dan ketertiban di jalan raya kepada masyarakat.
Kekayaan Mensos Juliari Batubara Capai Rp 47 Miliar, Cuma Punya 1 Mobil? (941837)
searchPerbesar
Mensos Juliari P Batubara salurkan paket Sembako untuk 29 LKS di Kabupaten Malang. Foto: Kemensos RI

Bisnis Oli

Perjalanan karirnya, Juliari merupakan pebisnis minyak pelumas atau oli. Sejak 2003, Juliari menjadi direktur utama di PT Wiraswasta Gemilang Indonesia sampai 2012.
Ia juga diketahui pernah duduk sebagai direktur utama di beberapa perusahaan, yakni PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.