kumparan
14 November 2019 19:34

Kia Resmi Kembali Pasarkan Produknya di Indonesia

Kia Sedona Diesel
Logo Kia. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Setelah melakukan soft launching diler Kia pertama di kawasan MT Haryono, Jakarta Timur pada 31 Oktober 2019, akhirnya PT Kreta Indo Artha (KIA)--anak perusahaan Indomobil--resmi mengumumkan siap menjalankan distribusi mobil Kia di Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Kami merasa sangat bangga dan terhormat atas kepercayaan dan penunjukan langsung sebagai Importir dan Distributor Utama produk Kia baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial di Indonesia," kata Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri, dalam keterangan persnya, Rabu (13/11).  
Kia Picanto GT-Line
Kia Picanto GT-Line Foto: Bagas Putra Riyadhana
Andrew mengatakan, penunjukan ini merupakan tonggak bersejarah yang mencerminkan kemitraan Kia Motors Corporation dan PT KIA. Sebelumnya, penunjukan resmi keagenan tunggal PT KIA sudah dilakukan pada bulan Mei 2019.
Sebagaimana diketahui, PT KIA merupakan perusahaan patungan antara PT Indomobil Sukses International (Tbk) dan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya.  
Kia Rio
Kia Rio Foto: Bagas Putra Riyadhana
“Dengan bangga kami sampaikan bahwa saat ini jaringan distribusi yang terdiri dari 24 jaringan penjualan dan purnajual Kia di Indonesia, telah resmi menyatakan dukungan dan kesiapan mereka untuk bekerja sama dengan PT Kreta Indo Artha," ujar Andrew.
ADVERTISEMENT
Model mobil Kia yang dijual saat ini meliputi Kia Picanto, Kia Rio, New Kia Grand Sedona, dan Kia Big-Up (kendaraan niaga). Sementara itu, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengatakan Kia Sportage saat ini belum ikut dipasarkan.
Kia Grand Sedona
Kia Grand Sedona Foto: Bagas Putra Riyadhana
"Belum dalam waktu dekat. Mungkin (diganti) model lain lebih dulu," kata Ario Soerjo saat dihubungi kumparan, Kamis (14/11).
PT KIA juga membuka jaringan diler di beberapa daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. 
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Pada tahun 2020, rencananya jaringan penjualan dan pelayanan purna jual Kia di Seluruh Indonesia akan dikembangkan menjadi 33 lokasi. 
Selain itu, PT Kreta Indo Artha juga menyediakan Kia Guard24 Road Assistance dan memberikan 5 tahun garansi dengan kilometer yang tidak terbatas, serta gratis jasa servis 50,000 km atau 4 tahun.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar jaringan diler resmi Kia di Indonesia: 
DKI Jakarta: 
- Kia Pantai Indah Kapuk  - Kia MT Haryono  - Kia Kebun Jeruk  - Kia Yi Li Sha  - Kia Radita  - Kia BOS Bintaro 
Jawa Barat: - Kia Bandung Soekarno Hatta - Kia Bogor Pajajaran  - Kia BOS Cibinong  - Kia BOS Jatiasih  - Kia BOS Bekasi Timur  - Kia BOS Cinere 
Banten:  - Kia Cimone  - Kia BOS Serang 
Jawa Tengah:  - Kia Semarang  - Kia Solo 
DI Yogyakarta:  - Kia Jogjakarta 
Jawa Timur:  - Kia Surabaya Gubeng  - Kia Surabaya Arjuna  - Kia Surabaya Wiyung  - Kia Malang 
ADVERTISEMENT
Bali:  - Kia Denpasar 
Sumatera Utara:  - Kia Medan Adam Malik 
Sumatera Selatan:  - Kia Palembang  
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan