Otomotif
·
26 Juli 2020 12:56

KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363732)
Tampilan depan mobil konsep Kia Sonet Foto: dok. Autoindustriya
Desas desus kehadiran KIA Sonet di Indonesia nampaknya tinggal menghitung waktu. Baru-baru ini beredar sebuah foto yang diduga KIA Sonet terbungkus stiker kamuflase sedang melakukan uji jalan di tanah air.
ADVERTISEMENT
Foto yang diunggah oleh Ardian Pradana melalui IG Story-nya, menampilkan sisi depan dan belakang KIA Sonet yang sedang terparkir di sebuah rest area tol Cipali.
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363733)
KIA Sonet sedang uji jalan di Indonesia. Foto: dok. Instagram Story Ardian Pradana
Menguatnya dugaan foto tersebut adalah KIA Sonet, tidak terlepas dari persamaan lekukan bentuk stiker kamuflase dengan yang sebelumnya diuji jalan di India.
Hanya saja, jika yang di India sudah menggunakan velg alloy, yang tertangkap kamera di Indonesia ini masih mengusung velg kaleng berwarna hitam.
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363734)
KIA Sonet sedang uji jalan di Indonesia. Foto: dok. Instagram Story Ardian Pradana
Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek KIA di Indonesia belum memberikan konfirmasinya.
Namun jika benar nantinya KIA Sonet akan masuk ke tanah air, tentu hal tersebut akan semakin meramaikan pasar SUV di Indonesia.
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363735)
KIA Sonet sedang uji jalan di Indonesia. Foto: dok. Instagram Story Ardian Pradana

KIA tebar teaser Sonet

Sebelumnya, KIA juga baru saja merilis teaser tampilan dari Sonet secara global. Dalam teaser yang menampilkan siluet bagian depan itu, terlihat Sonet hadir dengan perpaduan gaya desain yang dinamis, futuristik dan kompak.
ADVERTISEMENT
Desain tersebut hampir tak jauh berbeda seperti versi konsepnya yang beberapa waktu lalu dipajang pada pameran Delhi Auto Expo 2020 di India.
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363736)
Teaser siluet KIA Sonet. Foto: dok KIA
Pada bagian depannya, Sonet hadir dengan tampilan grille ala Tiger Noose yang menjadi identitas baru dari SUV KIA. Desain itu berpadu manis dengan grille mesh geometris 3 dimensi yang memperkuat kesan agresif dan tangguh khas SUV.
"Dengan KIA Sonet, kami memiliki ambisi untuk memberikan compact SUV ini karakater yang kuat dan beroto yang hanya bisa ditemukan di kendaraan yang jauh lebih besar," ucap Karim Habib, Senior Vice President and Head of KIA Design Center, dalam rilis yang kumparan terima.
Menyoal jantung pacunya, memang belum ada keterangan resmi yang diberikan. Namun, beberapa orang memprediksi, Sonet akan hadir dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.2 liter 4.
KIA Sonet Sedang Uji Jalan di Indonesia? (363737)
Tampilan belakang mobil konsep Kia Sonet Foto: dok. Autoindustriya
Diperkirakan, KIA Sonet akan segera masuk jalur produksi dan akan menjalani debut globalnya pada semester kedua tahun ini. Nantinya, KIA Sonet akan melawan beberapa nama SUV kompak lainnya, seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, Honda WR-V, dan Hyundai Venue.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)