Otomotif
·
2 Agustus 2019 13:40

Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3673)
All new Mazda 3 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dipilih oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor tunggal dari merek Mazda untuk meluncurkan 2 produk barunya. Kedua produk tersebut yaitu Mazda 3 hatchback dan Mazda 3 sedan.
ADVERTISEMENT
Dari kedua model yang diluncurkan EMI tersebut, Mazda 3 hatchback dinilai sebagian orang memiliki garis desain yang lebih indah dan menarik. Mulai dari lekuk bodi sampingnya, hingga bagian depannya yang mengadopsi desain Kodo khas Mazda.
Mengusung mesin 2.000cc, Mazda 3 hatchback sebenarnya tidak memilik lawan yang begitu banyak. Bisa dibilang, satu-satunya lawan yang cukup sepadan dengan Mazda 3 hatchback hanyalah Honda Civic hatchback, mulai dari kapasitas mesin hingga harganya.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3674)
Honda Civic Hatchback Turbo Foto: Apriliandika Hendra/kumparan.com
Lalu, bagaimana perbandingan dari kedua hatchback tersebut? Berikut kumparan sajikan komparasinya.
Eksterior
Pada bagian eksterior, Mazda 3 hatchback dibekali dengan lampu depan LED DRL dengan auto headlamp dan auto levelling, lampu belakang LED, serta pelek berukuran 18 inci. Terdapat juga sunroof serta wiper dengan auto rain sensor.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3675)
Mazda 3 hatchback Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tidak berbeda jauh dengan Mazda 3 hatchback, Honda Civic hatchback juga dibekali dengan lampu depan LED DRL dengan auto headlamp dan auto leveling. Terdapat juga lampu kabut, lampu belakang LED, serta pelek berukuran 17 inci.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3676)
Honda Civic Hatchback Foto: dok. Motor1
Interior
ADVERTISEMENT
Masuk ke bagian interior, Mazda 3 hatchback dibekali dengan jok yang dapat diatur secara elektrik dengan 10 arah pengaturan untuk bagian pengemudi, serta 6 arah pengaturan untuk kursi penumpang depan.
Untuk sistem infotainmentnya, Mazda 3 hatchback menggunakan head unit layar sentuh TFT berukuran 8,8 inci dengan MZD Connect. Head unit tersebut juga dapat terkoneksi dengan smartphone.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3677)
Interior Mazda 3 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara untuk Honda Civic hatchback, di bagian dalamnya juga dibekali pengaturan jok secara elektrik dengan 8 arah pengaturan untuk jok pengemudi dan 4 arah pengaturan untuk jok penumpang depan.
Pada Honda Civic hacthback disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang juga dapat terkoneksi dengan smartphone.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3678)
Interior Honda Civic Hatchback Foto: dok. Honda.com.au
Fitur
Untuk fiturnya, Mazda 3 hatchback dilengkapi dengan 7 titik Airbags, Dynamic Stability Control, Traction Control, Hill Launch Assist, Emergency Stop Signal, Mazda Radar Cruise Control dan Rear Cross Traffic Alert.
ADVERTISEMENT
Ada juga Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist System, Driver Attention Alert, Front & Rear Parking Sensor, Smart City Brake Support, Smart Brake Support dengan Forward Obstruction Warning serta sistem pengereman ABS, EBD, dan Brake Assist, Immobilizer dan Auto Door Dock.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3679)
Interior Mazda 3 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sedangkan untuk Honda Civic hatchback, dibekali dengan 6 titik Airbags, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Motion Adaptive EPS, Rear Parking Camera, Brake Override System, sistem pengereman ABS, EBD, dan Brake Assist, Electronic Parking Brake dengan Auto Hold Brake, Immobilizer, serta Auto Door Lock.
Komparasi Mazda 3 Hatchback Vs Honda Civic Hatchback (3680)
Interior Honda Civic Turbo Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Harga
EMI membanderol Mazda3 hatchback dengan harga Rp 489,8 juta. Sementara itu, PT Honda Prospect Motor menjual Civic hatchback dalam dua varian yaitu varian S yang dibanderol Rp 414,5 juta, dan varian E yang berbanderol Rp 453,5 juta.
ADVERTISEMENT