Laris Manis, Kawasaki Ninja ZX-25R Laku 4.800 Unit

2 Juni 2021 15:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mencoba Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Mencoba Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) boleh dibilang menuai kesuksesan berkat produk barunya Ninja ZX-25R. Motor ini dikabarkan sudah terjual sebanyak 4.800 unit, dan model yang paling laris adalah tipe ABS SE alias varian tertingginya.
ADVERTISEMENT
Angka tersebut sebenarnya tidak terlalu banyak, namun jika melihat banderolnya yang dijual Rp 98,850 sampai 116 juta OTR untuk motor seperempat liter, sebuah pencapaian positif Kawasaki Indonesia.
Deputy Head & Sales Promotion KMI Michael Chandra Tanadhi dari 4.800 unit yang terpesan konsumen, pabrikan baru melakukan pengiriman 3.500 unit. Sisa unit yang belum terkirim akan diselesaikan secepatnya.
"Respons konsumen masih sangat bagus, untuk pengiriman sudah di 3.500-an unit dari total 4.800-an unit. Seribuan (1.300 unit) belum terkirim, kita akan kirim per bulannya 400 sampai 500 unit," jelas Michael kepada kumparan, belum lama ini.
Angka pesanan yang cukup tinggi ini tak lepas dari sudah normalnya pabrik perakitan Kawasaki di Cikarang Barat, Bekasi efek dari pandemi. Pabrikan bisa menyesuaikan antara demand dan kapasitas produksi per harinya.
ADVERTISEMENT
"Sudah, produksi aman dan tidak terganggu sejauh ini," imbuh Michael.

Mahal tapi jadi incaran

Tampilan depan Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lalu apa sebenarnya keunikan yang ditawarkan dari motor seharga hampir Rp 100 juta tersebut? Secara garis besar, Ninja ZX-25R punya modal yang tak dimiliki para kompetitornya saat ini, baik dari Honda, Yamaha, atau Suzuki.
Dia dibenamkan jantung pacu berkubikasi 249 cc, DOHC, 16 katup, 4-tak, pendingin cairan, pengabut injeksi, dan berkonfigurasi 4-silinder. Racikan mesin ini bisa dibilang 'baru' di pasar otomotif Indonesia.
Mesin 4-silinder menawarkan karakter suara merdu layaknya motor big bike. Apalagi ZX-25 diklaim bisa menjerit hingga putaran mesin 18 ribu rpm.
Dari data yang diungkap oleh KMI, motor ini punya tenaga maksimal hingga 50 ps atau 49,2 dk pada 15.500 rpm dan torsi puncak berkisar 22,9 Nm pada 14.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Tak cuma itu, sektor kaki-kaki juga jadi andalan. Ninja ZX-25R menggunakan suspensi depan berjenis upside down bertipe SFF-BP dari Showa. Sementara di belakang menggunakan monoshock dengan sistem pengaturan pre-load yang dipadukan dengan lengan ayun berjenis banana-arm alumunium.
Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Fitur modern juga hadir di motor ini, bahkan teknologi di big bike Ninja ZX-636 dan ZX-10R diwariskan: Berikut adalah beberapa fiturnya:

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R naik

Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dari pantauan kumparan, KMI melakukan eskalasi harga dari kedua varian Ninja ZX-25R. Banderolnya terkerek sekitar Rp 2,85 juta (varian standar) dan Rp 3,1 juta untuk tipe ABS SE.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah harga terbaru Kawasaki Ninja 250 4-silinder per Juni 2021: