Otomotif
·
19 April 2021 3:35

Mahathir Mohamad Puji Daihatsu Rocky, Apa Istimewanya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mahathir Mohamad Puji Daihatsu Rocky, Apa Istimewanya? (174056)
Mahathir Mohamad Saat Menerima Perodua Ativa. Foto: dok. Paultan
Kepopuleran Daihatsu Rocky atau yang dikenal Perodua Ativa di Malaysia, rupanya turut menarik perhatian mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.
ADVERTISEMENT
Pria yang sempat menjabat 2 kali sebagai Perdana Menteri Malaysia itu, bahkan diketahui turut membeli 1 unit Perodua Ativa varian AV. Mobil pesanan Mahathir itu, bahkan diantar langsung oleh CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, dan Ketua Perodua, Tan Sri Asmat Kamaludin, pada Kamis (15/4/2021).
Ketertarikan Mahathir terhadap Perodua Ativa, dikarenakan mobil tersebut telah dikembangkan dan diproduksi dengan melibatkan banyak tenaga ahli Malaysia.
"Saya senang Perodua kini semakin banyak memproduksi mobil dengan menggunakan insinyur Malaysia, baik dalam produksi mobil maupun mesinnya. Ini kemajuan. Sekarang orang Malaysia terlibat dalam desain dan pengembangan mobil,” jelas Mahathir seperti dikutip dari Paultan.
Ya, sebagai perusahaan asli Malaysia, Perodua memang memiliki lisensi untuk memproduksi dan mendistribusikan mobil-mobil merek Daihatsu di negeri Jiran. Jadi, tidak heran bila mayoritas mobil-mobil produksi Perodua, memiliki kemiripan otentik dengan mobil-mobil Daihatsu, baik itu dalam hal tampilan atau mesin yang diusung.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya sekadar memproduksi, Perodua melalui para tenaga ahli Malaysia, juga diketahui turut andil dalam perancangan dan pengembangan produk-produk Perodua, termasuk Ativa. CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, mengatakan saat ini ada lebih dari 50 tenaga ahli Perodua yang bekerja di Daihatsu Jepang dan menempati posisi penting, seperti divisi desain dan teknik.
Mahathir Mohamad Puji Daihatsu Rocky, Apa Istimewanya? (174057)
Mahathir Mohamad Saat Menerima Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky. Foto: dok. Paultan
Hadir sebagai SUV mungil, Perodua Ativa rupanya berhasil diterima dengan baik di pasar Malaysia. Sejak debut pada Maret 2021, tercatat sudah ada lebih dari 4.345 unit Ativa yang dikirimkan ke konsumen.
“Mobil yang mereka produksi memiliki kualitas yang sangat bagus dan harganya cukup murah. Saya pikir itu akan menemukan pasar yang potensial di Malaysia,” kata Mahathir.
Mahathir Mohamad Puji Daihatsu Rocky, Apa Istimewanya? (174058)
Mahathir Mohamad Saat Menerima Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky. Foto: dok. Paultan

Spesifikasi Perodua Ativa milik Mahathir Mohamad

Adapun Perodua Ativa milik Mahathir Mohamad merupakan varian tertinggi yang dipasarkan di Malaysia. Sebagai varian tertinggi, tentunya kembaran Rocky ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih. Berikut lengkapnya:
ADVERTISEMENT
  • Airbags 6 titik
  • ISOFIX
  • Seatbelt Reminder
  • ABS + EBD
  • Stability Control
  • Adaptive Cruise Control
  • Sistem Pengereman Darurat Otonom
  • Lane Keeping Assist
  • Lane Departure Warning and Prevention
  • Pre-collision Warning and Braking System
  • Blind Spot Monitoring
  • Rear Cross Traffic Alert
Mahathir Mohamad Puji Daihatsu Rocky, Apa Istimewanya? (174059)
Mahathir Mohamad Saat Menerima Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky. Foto: dok. Paultan
Tak hanya fitur keselamatan, Perodua Ativa varian AV ini juga turut dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan, mulai dari Head Unit layar sentuh berukuran 9 inci, Keyless Entry, Engine Start Stop Button, kamera parkir, hingga kamera DVR.
Sementara jantung pacunya, Perodua Ativa hanya tersedia dalam 1 pilihan mesin, yakni bensin 3 silinder turbocharger berkapasitas 1.0 liter. Di atas kertas, mesin berkode 1KR-VET itu mampu memuntahkan tenaga 97 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 rpm.
Untuk varian tertinggi dari Daihatsu Rocky versi Malaysia ini, dipasarkan di negeri Jiran dengan harga setara Rp 254 jutaan.
ADVERTISEMENT
***