Otomotif
·
20 Juli 2019 14:58

Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52035)
Booth Mazda di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mazda 3 hatchback dan sedan jadi pelengkap portofolio PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor tunggal mobil Mazda di Tanah Air tahun ini. Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), EMI meluncurkan kedua model tersebut yang masing-masing memiliki banderol Rp 489,8 dan 538,8 juta.
ADVERTISEMENT
Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy menjelaskan, Mazda 3 sudah diproyeksikan hadir di Indonesia dari tahun lalu pasca debutnya dalam gelaran Los Angeles Auto Show akhir tahun 2018.
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52036)
Mazda 3 sedan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sejak Mazda dikawal EMI, agen pemegang merek ini terus penetrasi pasar lewat model baru, paling tidak satu unit setiap tahunnya. Kalau ingat tahun lalu, ada CX-9 dan CX-5 baru. Sejak itu lah Roy mengatakan ada peningkatan penjualan dari 4.000 unit jadi 6.000 unit dibandingkan tahun 2017 dan 2018.
"Intinya yang jelas kami berusaha tetap membawa model baru setiap tahun agar kustomer Mazda dapat opsi memiliki model yang lebih baik dari tahun ke tahun," kata Roy kepada kumparan di arena ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7).
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52037)
Mazda 3 hatchback Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
EMI sebenarnya sudah memiliki model hatchback dalam jajaran mobil-mobil Mazda Indonesia. Namun Roy menuturkan, Mazda 3 hadir menawarkan fitur, kelas dan desain untuk segmentasi yang sedikit berbeda.
ADVERTISEMENT
"Kalau Mazda 2 lebih banyak anak muda, nah Mazda 3 ini untuk orang yang berjiwa muda seperti keluarga muda, jadi di situ segmennya, sengaja kami bawa model sedannya karena lebih elegan dan dewasa," tambahnya.
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52038)
Mazda 3 sedan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Oke lanjut soal produk Mazda 3, baik model hatchback dan sedan punya tampilan yang serupa. Fascia-nya mengadopsi desain Kodo yang telah diperbarui. Bedanya, lekukan body jadi lebih atletis, bonnet yang lebih panjang, serta bentuk keseluruhan yang lebih aerodinamis.
Dari segi dimensi, tentu versi sedan lebih panjang. Data teknis menunjukkan sedannya ini lebih panjang 200 mm dari panjang keseluruhan 4.460 mm. Untuk lebar sama-sama 1.765 mm, namun tingginya, versi hatchback lebih rendah 5 mm dari 1.440 mm.
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52039)
Interior Mazda 3 sedan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Lanjut ke dapur pacu, dua-duanya menggendong mesin yang sama, SkyActiv 1.998 cc 4-silinder DOHC yang memproduksi tenaga 152 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm di putaran 4.000 rpm.
ADVERTISEMENT
Daya maksimumnya tersebut disalurkan pada transmisi otomatik 6-percepatan ke roda depan (FWD). Sedangkan fitur Mazda 3 yang didatangkan langsung dari Jepang ini memiliki kelengkapan berupa:
-Auto Headlamp dengan Auto Levelling -Head Unit 8,8 inci -Sunroof -7 airbags -ABS dengan EBD dan BA -Kontrol stabilitas -Hill Launch Assist -Emergency Stop Signal -Mazda Radar Cruise Control -Smart Brake Support -Blind Spot Monitoring -Lane Departure Warning -Lane Keep Assist System -Driver Attention Alert
Mazda 3 Baru, Upaya EMI Gaet Konsumen Loyalis (52040)
Interior Mazda 3 sedan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Terakhir bicara target penjualannya, Roy tidak muluk-muluk pasang angka yang tinggi. Ini tidak lain karena pangsa pasarnya yang tidak begitu besar.
"Karena market medium hatchback tidak banyak, targetnya untuk tahap pertama ini gabungannya 50 sampai 60 unit terjual tiap bulan, tentunya dengan komposisi lebih banyak yang hatchback karena harganya sedikit lebih murah," tuntas Roy.
ADVERTISEMENT