kumparan
search-gray
Otomotif19 Desember 2019 15:27

Meluncur Besok, Ini yang Berubah dari Suzuki Baleno Facelift

Konten Redaksi kumparan
Suzuki Baleno Hatchback facelift
Suzuki Baleno Hatchback facelift Foto: dok. Nexa Suzuki
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memanfaatkan momen akhir tahun, untuk meluncurkan 1 mobil barunya. Rencananya, pabrikan berlambang S itu, akan memperkenalkan versi penyegaran dari hatchback andalannya yaitu, Baleno.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan undangan yang redaksi kumparan terima, New Baleno akan menjalani debutnya di Indonesia pada Jumat (20/12) besok. Meski begitu, beberapa bocoran foto dari New Baleno tersebut sudah beredar luas di media sosial.
Terlihat dari beberapa foto yang beredar tersebut, nampaknya Baleno varian RS kembali dipilih oleh Suzuki untuk dihadirkan di pasar Indonesia. Mencoba mengkonfirmasi hal tersebut ke pihak Suzuki Indonesia, Donny Saputra selaku Marketing Director 4W PT SIS, enggan menjawabnya secara gamblang.
“Soal itu, tunggu hari Jumat saja ya,” jawab Donny singkat saat dihubungi kumparan, Rabu (18/12) siang.
Suzuki Baleno Hatchback facelift
Suzuki Baleno Hatchback facelift Foto: dok. Nexa Suzuki
Pada versi penyegarannya ini, beberapa ubahan pada bagian eksterior jelas terlihat. Seperti pada bagin grille-nya yang kini memiliki tampilan lebih sporty, senada dengan air intake pada bumper depan bagian bawah. Lampu depannya pun kini sudah mengadopsi bohlam LED proyektor.
ADVERTISEMENT
Sementara pada bagian sampingnya, New Baleno hadir dengan desain velg model kincir berkelir 2 nada berukuran 16 inci. Bergeser ke bagian belakang, ubahan yang dilakukan oleh Suzuki pada Baleno facelift ini memang tidaklah banyak. Ubahan hanya sebatas bumper belakangnya yang kini tidak didominasi trim plastik hitam serta lampu belakang LED.
Suzuki Baleno Hatchback facelift
Suzuki Baleno Hatchback facelift Foto: dok. Nexa Suzuki
Untuk bagian dalamnya, memang tidak banyak informasi yang bisa didapatkan, namun jika mengacu pada spesifikasi Baleno RS di pasar India, mobil ini hadir dengan head unit berukuran 7 inci yang sudah mampu mengakomodir Apple CarPlay dan kamera parkir.
Tidak lupa, beberapa fitur keselamatan juga diprediksi akan tersemat di mobil ini, seperti sistem pengereman ABS, EBD, Dual Airbags, ISOFIX, serta sabuk keselamatan dengan pre-tensioner.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana dengan mesinnya?
Pada bagian jantung mekanisnya, Suzuki diperkirakan masih tetap mengandalkan mesin lama Baleno, yaitu K14B berkapasitas 1.4 liter. Mesin tersebut menjanjikan tenaga 90 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncaknya 130 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm/
Suzuki Baleno Hatchback facelift
Suzuki Baleno Hatchback facelift Foto: dok. Nexa Suzuki
Untuk sistem transmisinya sendiri, New Baleno diprediksi akan dibekali dengan 2 pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik konvensional.
Dengan hadirnya mobil ini, tentunya akan membuat persaingan di segmen hatchback menjadi memanas. Tentu saja, ini juga akan menjadi sinyal bahaya bagi Toyota Yaris dan Honda Jazz.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white