kumparan
search-gray
Otomotif18 Februari 2018 13:08

Menerka Tampang SUV Performa Hyundai Santa Fe N Model 2019

Konten Redaksi kumparan
Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe (Foto: X-Tomi Design)
Ford berhasil menjawab permintaan pasar atas SUV bertenaga besar dengan mengenalkan Edge ST, mesin V6 2.700 cc dengan EcoBoost-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 335 daya kuda, dan akan resmi diluncurkan 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
ST? Ya, singkatan dari Sport Technologies yang merupakan divisi mobil-mobil Ford dengan performa tinggi.
Hyundai juga tidak mau kalah dengan pabrikan oval biru tersebut. Pabrikan asal Korea ini punya amunisi yang patut dipertimbangkan. Dengan mengembangkan divisi N sebagai segmen mobil sport berperforma tinggi, Hyundai sudah mengenalkan i30 dan Veloster yang bentuknya hatchback itu.
Mudahnya bila di Indonesia kan ada Mugen dan RS dari Honda ataupun TRD Sportivo-nya Toyota yang mendongkrak tampilan biasa menjadi luar biasa, hanya tampilannya lho ya, tidak termasuk mesinnya.
Sekilas tentang N-nya Hyundai, N sendiri adalah inisial dari Namyang, sebuah daerah di Korea yang menjadi pusat riset dan pengembangan mobil-mobil Hyundai. Huruf N sebagai logo terinspirasi dari 2 tikungan yang ada pada Sirkuit Nurburgring, Jerman yang menyerupai huruf N. Filosofinya, tikungan tersebut merepresentasikan mobil-mobil pada divisi N Hyundai yang lahir atas keseimbangan tenaga, pengendalian, dan pengereman menjadi satu kesatuan rasa berkendara yang memuaskan.
Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe (Foto: Dok. Hyundai)
Menurut Albert Biermann, kepala pengembangan mobil berperforma tinggi Hyundai yang dulu juga sempat menjabat sebagai salah satu petinggi di BMW, divisi N yang masih pada tahap pengembangan akan tumbuh kuat sebentar lagi, dan lebih lanjut tengah mempertimbangkan Hyundai Kona dan Tucson untuk ikut pula ke dalam baru itu, seperti dikutip autoevolution beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Namun bukan berarti mobil Hyundai lainnya tidak berkesempatan mendapat ubahan sporty pada divisi N. Tengok lah Hyundai Santa Fe dengan ‘N look’ hasil garapan X-Tomi Design, desainer otomotif yang kerap kali menyuguhkan mobil-mobil yang sudah didandani lewat olah digital yang artistik.
Sampai saat ini hanya wujudnya saja yang terpampang di jagat dunia maya, dapur pacunya masih belum bisa diketahui. Hanya saja bila benar-benar masuk ke dalam jajaran N series, mesin 2 liter T-GDi pada i30 N dan Veloster N tentu tidak akan cukup kuat membuat SUV tersebut berlari kencang.
Mesin yang berpeluang disematkan adalah Theta III. Adalah generasi mesin 2.500 cc 4 silinder Hyundai terbaru yang dilengkapi dengan turbocharge, dan digadang-gadang mampu menyemburkan 280 daya kuda. Seperti mobil kebanyakan saat ini, tenaga mesin tersebut disalurkan pada penggerak roda depan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white