Otomotif
·
13 November 2020 7:09

Mengapa All New Yamaha Aerox Masih Pakai Rem Tromol?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengapa All New Yamaha Aerox Masih Pakai Rem Tromol?  (33094)
Test ride all new Yamaha Aerox 155 Connected ABS. Foto: YIMM
All new Yamaha Aerox hadir dengan sejumlah peningkatan. Namun sayangnya, pabrikan belum mengaplikasikan rem jenis cakram di roda belakang. Sehingga harapan, loyalis Aerox yang berharap fitur kontrol traksi laiknya NMax pun pupus.
ADVERTISEMENT
Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menjelaskan penambahan rem jenis cakram dan fitur kontrol traksi pada Aerox bukan perkara sulit.
Mengapa All New Yamaha Aerox Masih Pakai Rem Tromol?  (33095)
Rem tromol all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparan
Hanya saja, lantaran aspek teknis dan segmentasi pasar yang berbeda dengan NMax membuat garpu tala tidak menyertakan fitur tersebut.
"Kami memilih tidak menambah fitur cakram belakang karena secara produk, konsumen NMax itu mereka lebih ingin dibantu untuk fungsi kontrol. Mereka ingin berkendara nyaman jadi maunya santai dan semuanya sudah tersedia, termasuk TCS itu untuk membantu kontrol traksi," jelas Anton kepada kumparan, di Sirkuit Karting Sentul, Bogor belum lama ini.
Mengapa All New Yamaha Aerox Masih Pakai Rem Tromol?  (33096)
Mencoba performa all new Yamaha Aerox di sirkuit. Foto: M. Faiz/kumparan
Sementara untuk konsumen Aerox, menurut Anton, menginginkan kontrol penuh terhadap motornya. "Jika kita tambahkan master rem, cakram dan TCS di belakang secara otomatis bobotnya juga akan lebih berat. Yang ingin kita kejar adalah power weight ratio, makanya dari Aerox lama ke baru kita tidak mau mengubah polanya," pungkasnya.
Mengapa All New Yamaha Aerox Masih Pakai Rem Tromol?  (33097)
Mencoba performa all new Yamaha Aerox di jalan raya. Foto: YIMM
Kombinasi rem cakram di depan dan tromol di roda belakang dinilai Anton sudah cukup mumpuni di all new Aerox. "Karena dengan fungsi pengereman yang ada sekarang dan sesuai dengan hasil pengetesan termasuk homologasi tes, motor ini sudah cukup sebenarnya," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Apalagi all new Aerox juga memiliki opsi fitur rem ABS (Anti-lock braking system) di depan.