Otomotif2 Juli 2020 15:33

Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus

Konten Redaksi kumparan
Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus (1042726)
Ilustrasi konsep Rat Bike. Foto: dok. Istimewa
Aliran kustom atau modifikasi beragam jenisnya. Namun pernahkah mendengar konsep modifikasi Rat Bike?
ADVERTISEMENT
Genre ini umumnya dijumpai di komunitas Vespa 2-tak. Secara tampilan, sekujur tubuh tampil usang dengan karat bahkan tak jarang dilengkapi berbagai jenis 'sampah'. Dan banyak juga yang menyebutnya 'Vespa Gembel'.
Eits, namun jika ditelisik lebih dalam, istilah Rat Bike ini sebenarnya jauh dari kata sampah.
Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus (1042727)
Ilustrasi konsep Rat Bike. Foto: dok. Istimewa
Kata 'Rat' sendiri diambil dari bahasa Inggris yang artinya tikus, jangan heran jika motor terlihat usang cenderung jorok. Namun, bukan berarti motor ini sampah berjalan atau tak punya makna dari modifikasi.
"Rat Bike itu tampilannya sengaja enggak bersih dan biasanya pemilik suka menempelkan part yang dia suka. Jadi istilahnya kaya bikin sarang," kata Dana Prasetyo dari GDZH Custom Cycles, Jombang, Jawa Timur.
Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus (1042728)
Ilustrasi konsep Rat Bike. Foto: dok. Istimewa
Modifikator yang pernah sabet juara tiga di ajang Suryanation Surabaya 2019 ini mengatakan, meski tampilan luarnya terlihat seperti sampah, tak sedikit pemilik yang habis-habisan merombak interiornya.
ADVERTISEMENT
"Jadi makin jelek, makin bagus. Tapi Rat Bike ini semakin berkembang, tampilan luarnya memang penuh karat seperti tidak diurus, tapi soal mesin dan kaki-kaki dia bagus," jelasnya.
Rat Bike sendiri mengacu pada konsep menjaga motor agar tetap berfungsi, tanpa repot menghabiskan uang dan waktu. Seiring permintaan dan tren, menurut Dana tak sedikit konsumen yang rela mengubah motor modern-nya punya tampilan Rat Bike.
"Belum banyak memang ini masih minor, tapi prediksi dan opini saya Rat Bike ini nanti akan booming. Jadi orang sudah banyak bikin yang estetika, dia bosan dan ingin coba yang baru dan unik, larinya ke sini," jelasnya lagi.
Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus (1042729)
Macam-macam tangki untuk motor kustom Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah, untuk mempercepat proses karat dibutuhkan metode pengerjaan khusus. Jangan heran jika nanti tampilannya karat, jasa pengerjaannya bisa lebih dari cat biasa.
ADVERTISEMENT
"Ya intinya dia ingin tampil beda, kebanyakan orang ingin tampil bagus-bagusan dia kebalikannya, dibikin jelek tapi dalam tanda kutip," ungkapnya.
Mengenal Konsep Modifikasi 'Rat Bike' atau Motor Tikus (1042730)
Ilustrasi konsep Rat Bike. Foto: dok. Istimewa
Menurut dia, untuk mempercepat tampilan karat nantinya cat bodi dirontokkan dengan api bersuhu tinggi.
"Nanti cat itu dikupas sampai ke logam, kemudian disiram cairan asam seperti Sitrun atau HCL biar karat. Kalau sudah karat nanti tinggal proses finishing yaitu pernis," jelasnya.
Dia tak menampik jika konsep Rat Bike nantinya akan ramai diaplikasikan para modifikator. Bahkan tak menutup kemungkinan ada kelas khusus kompetisi Rat Bike.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white