Otomotif
·
13 Januari 2020 17:06

Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km (39934)
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tidak bisa dipungkiri, nama Honda Brio memang sangat populer dan banyak diminati oleh para kaum muda. Desainnya yang stylish, dimensi tidak terlalu besar, hemat bahan bakar, serta harga yang terjangkau menjadi beberapa alasan mereka memilih mobil ini.
ADVERTISEMENT
Dibanderol mulai dari Rp 146 juta hingga Rp 199,6 juta, Brio dinilai sangat ideal untuk Anda yang punya mobilitas tinggi di dalam kota. Apalagi, dengan beberapa ubahan yang dilakukan oleh Honda, terbilang sukses membuat mobil ini semakin banyak diminati.
Selain memiliki desain yang stylish, dimensi yang tidak terlalu besar, serta kehematan bahan bakar yang baik, Honda Brio generasi kedua juga memiliki biaya servis yang cukup terjangkau.
Jika sebelumnya, kumparan sudah menyajikan rincian biaya servis Honda Brio hingga 50 ribu km. Kini, giliran rincian biaya servis setelah 50 ribu kilometer hingga 100 ribu kilometer yang akan kumparan sajikan.
Berbeda dari servis hingga 50 ribu kilometer yang hanya menelan biaya Rp 2.037.000 saja, pada servis setelah 50 ribu kilometer ini, biaya yang dibutuhkan memang jadi lebih besar, yaitu Rp 5.116.000.
Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km (39935)
Tampilan eksterior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
Mahalnya biaya tersebut tentu bukan tanpa sebab, pasalnya pada servis setelah 50 ribu kilometer ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak lagi menanggung biaya jasa servisnya. Mengingat biaya jasa servis yang ditanggung oleh HPM pada seluruh produknya hanyalah mencapai 4 tahun atau 50 ribu kilometer.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu saja, naiknya biaya servis Brio tersebut juga disebabkan oleh bertambahnya beberapa pengerjaan atau pengecekan yang akan dilakukan. Nah, biar Anda tidak penasaran terkait besaran biaya dan komponen apa saja yang akan diperiksa dan diganti, berikut kumparan sajikan rincian lengkapnya.
Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km (39936)
Tampilan eksterior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
Rincian Biaya Servis
Setelah melewati masa gratis jasa servis hingga 50 ribu kilometer, Anda disarankan untuk menyiapkan budget berlebih pada servis berikutnya, yaitu 60 ribu kilometer.
Berdasarkan data biaya servis yang diberikan oleh HPM, pada servis 60 ribu kilometer ini, biaya yang harus disiapkan yaitu sebesar Rp 1.082.000. Untuk komponen suku cadang yang diganti, yaitu oli mesin, washer drain, brake grease, filter oli, filter udara, dan minyak rem.
ADVERTISEMENT
Setelah pada servis 60 ribu kilometer menelan biaya yang cukup mahal, selanjutnya pada servis 70 ribu kilometer, biaya servis yang dibutuhkan sedikit menurun, yaitu Rp 689 ribu . Murahnya biaya servis ini dikarenakan komponen suku cadang yang diganti, hanyalah sebatas oli mesin, washer drain, dan brake grease saja.
Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km (39937)
Area servis diler mobil Honda di Bekasi Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO
Selanjutnya pada servis 80 ribu kilometer, biaya yang harus dikeluarkan kembali melonjak, yaitu mencapai Rp 1.655.000. Kembali melonjaknya biaya servis di 80 ribu kilometer ini terbilang wajar, mengingat komponen suku cadang yang diganti juga jauh lebih banyak, yaitu oli mesin, washer drain, brake grease, filter oli, filter bensin, busi, oli transmisi (hanya untuk CVT), dan washer drain transmisi (hanya untuk CVT).
Masuk ke servis 90 ribu kilometer, Anda mungkin bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan saat servis ini hanya sebesar, Rp 824 ribu saja. Untuk komponen suku cadang yang diganti, yaitu oli mesin, washer drain, brake grease dan filter udara.
ADVERTISEMENT
Terakhir, pada servis 100 ribu kilometer, biaya yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dari biaya servis 90 ribu kilometer, yaitu Rp 866 ribu. Adapun komponen suku cadang yang diganti pada servis ini meliputi oli mesin, washer drain, brake grease dan filter oli.
Menghitung Biaya Servis Honda Brio Setelah 50.000 Km (39938)
Biaya Servis Honda Brio Setelah 50 Ribu Kilometer Foto: dok. Honda Prospect Motor
Selain memiliki biaya servis yang terjangkau, harga komponen suku cadang fast moving dari Brio juga terbilang cukup terjangkau.
Harga Suku Cadang Fast Moving
Untuk harga komponen suku cadang fast moving dari Honda Brio, berkisar antara Rp 22 ribu hingga Rp 400 ribu. Berikut harga lengkapnya.
- Oli Mesin : Rp 85 ribu (1 liter berjenis 10W-30)
- Oli Transmisi Matic : Rp 297 ribu (3,5 liter)
- Radiator Coolant : Rp 26 ribu
ADVERTISEMENT
- Filter Oli : Rp 37 ribu
- Filter Udara : Rp 135 ribu
- Filter Bensin : Rp 391 ribu
- Kampas Rem : Rp 386 ribu
- Minyak Rem : Rp 25 ribu (0,3 liter)
- Busi : Rp 22 ribu