Otomotif
·
22 Juli 2021 14:26
·
waktu baca 2 menit

Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37616)
searchPerbesar
Mercedes-Benz Sprinter 415 CDi A3. Foto: dok. Mercedes-Benz
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi memperkenalkan Mercedes-Benz Sprinter 415 CDi A3 dan Mercedes-Benz V-Class facelift pada Kamis (22/7).
ADVERTISEMENT
Ada beberapa ubahan pada Mercedes-Benz Sprinter, termasuk penambahan fitur unggulan. Mobil ini mengusung 3 karakteristik kuat, yakni modular, customizable, dan skillable.
Punya dimensi panjang 6.967 mm, lebar 2.345 mm, tinggi 2.963 mm, dan jarak sumbu roda 4.325 mm, Mercedes-Benz Sprinter punya keunggulan mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan konsumen. Mulai dari kendaraan penumpang, kendaraan niaga, camper van, hingga ambulans.
“Tidak hanya untuk transportasi penumpang atau transportasi VVIP, Sprinter juga dapat digunakkan sebagai ambulans. Dengan unique selling point-nya yang memiliki tinggi kabin dalam 1,9 meter,” ucap Department Manager Van Sales Operation PT MBDI, Aldo Rais dalam acara virtual Mercedes-Benz Meet Chat pada Kamis (22/7).
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37617)
searchPerbesar
Petugas mengendarai mobil Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menjemput bayi terkonfirmasi negatif yang ibunya terpapar COVID-19 di Jakarta. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Eksterior

Dari segi tampilan luarnya, mobil ini hadir dengan berbagai fitur unggulan, seperti lampu depan dengan LED High Performance, pintu geser otomatis lengkap dengan pijakan kaki otomatis di sebelah kiri, electrically foldable and adjustable mirrors, serta high performance roof mounted air conditioning system.
ADVERTISEMENT
Untuk melengkapi kesan gagah pada tampilan luarnya, Mercedes-Benz Sprinter dibekali dengan velg berdiameter 17-inci dengan desain velg alloy palang 6 berkelir silver.

Interior

Masuk ke bagian dalam, kabin yang lapang jadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Mercedes-Benz Sprinter. Secara keseluruhan, mobil ini memiliki dimensi kabin baris kedua, yakni panjang 4,5 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,9 meter.
Berbagai fitur unggulan juga tetap dibenamkan Mercedes-Benz pada mobil ini. Mulai dari automatic climate control dengan Thermotronic, multifunction steering wheel, keyless entry dengan engine start stop button, serta comfort driver dan co-driver seat yang dilengkapi arm rest.
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37618)
searchPerbesar
Interior Mewah Mercedes-Benz Sprinter garapan Baze Luxury. Foto: dok. Instagram Baze Luxury
Untuk baris belakangnya, konsumen dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Bagi konsumen yang menginginkan kabin mewah dengan berbagai fitur premium, Mercedes-Benz juga menghadirkan 2 pilihan body builder, yakni BAV Indonesia dan Baze Luxury, yang dapat dipilih konsumen.
ADVERTISEMENT
“Kami saat ini memiliki 2 body builder yang judah tersertifikasi untuk membangun Mercedes-Benz Sprinter,”sambung Aldo.
Ada beberapa pilihan konfigurasi tempat duduk yang bisa dipilih konsumen. Mulai dari 9-kursi, 7-kursi, 5-kursi hingga 2 kursi dengan interior mewah.
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37619)
searchPerbesar
Interior Mewah Mercedes-Benz Sprinter garapan BAV Indonesia. Foto: dok. Instagram BAV Indonesia

Fitur Keselamatan

Meski berstatus sebagai mobil van, Mercedes-Benz rupanya tetap menyematkan berbagai fitur keselamatan pada Sprinter ini. Berikut lengkapnya.
  • Airbags sisi pengemudi dan penumpang depan
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)
  • Electronic Stability Program (ESP)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Blind Spot Assist (BSA)
  • Crosswind Assist.

Mesin

Menyoal jantung pacunya, Mercedes-Benz Sprinter 415 CDi A3 ini dibekali mesin turbo diesel berkode OM651 DE22LA dengan spesifikasi Euro 3 berkubikasi 2.143 cc. Mesin itu menyajikan tenaga 150 dk dan torsi maksimum 350 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan.
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37620)
searchPerbesar
Mercedes-Benz V-Class Vito Foto: Bagas Putra Riyadhana/kumparan

Mercedes-Benz V-Class Facelift

Selain memperkenalkan Mercedes-Benz Sprinter 415 CDi A3, jenama asal Jerman itu juga turut menampilkan produk penyegaran pada model V-Class. Ubahan yang dilakukan berupa penambahan beberapa fitur di bagian dalam.
ADVERTISEMENT
“Pada 2020 lalu kami sudah meluncurkan captain seat di dalam kabin V-Class. Untuk di tahun 2021 ini, kami menambahkan beberapa fitur di dalam captain seat V-Class untuk menambahkan rasa kenyamanan dan kesan mewah terhadap kendaraan V-Class khususnya di kabin belakang,” beber Aldo.
Berikut beberapa penambahan fitur baru pada interior Mercedes-Benz V-Class:
  • Storage compartment untuk smartphone konsumen di bagian atas arm rest captain seat baris kedua
  • Storage compartment di bagian sisi dalam arm rest captain seat baris kedua untuk majalah, buku, atau ipad
  • USB Slot Type C di captain seat baris kedua
  • Ambient light pada arm rest dan door trim
  • Cup holder di sisi luar arm rest dekat pintu.
Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class Facelift Diperkenalkan, Ini Fitur Barunya (37621)
searchPerbesar
Interior Mewah Mercedes-Benz V-Class. Foto: dok. Mercedes-Benz

Dijual Akhir Tahun 2021

Meski telah resmi diperkenalkan, rupanya Mercedes-Benz Sprinter 415 CDi A3 dan V-Class facelift ini baru akan resmi dipasarkan pada akhir tahun 2021. Sehingga untuk saat ini, Mercedes-Benz belum menginformasikan harga dari kedua mobil tersebut.
ADVERTISEMENT
***