Otomotif
·
28 Mei 2021 13:12
·
waktu baca 2 menit

MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114195)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Morris Garage (MG) Motor Indonesia baru saja meluncurkan SUV HS dengan teknologi i-Smart. Fitur ini bertujuan mempermudah penggunanya lewat bantuan internet smartphone dan membenamkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) atau mereka sebut sebagai MG Pilot.
ADVERTISEMENT
Namun dijelaskan oleh Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, ke depan tak menutup kemungkinan mereka akan menyuntik teknologi i-Smart pada model mobil MG yang lain.
"Bicara mengenai apakah i-Smart akan disematkan di kendaraan lain dari MG, seperti yang saya sudah jelaskan soal teknologi bukan tidak mungkin hal tersebut akan dibawa untuk model lain," kata Arief di BSD, Tangerang Selatan.
Hanya saja, kata Arief, untuk saat ini MG HS-lah yang diprioritaskan untuk mendapat fitur tersebut. Soal kapan model lain dibenamkan teknologi serupa, butuh riset dan melihat kebutuhan konsumen Indonesia.
MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114196)
searchPerbesar
Tampilan depan MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Di pengenalannya hari Selasa (25/5) kemarin harga MG HS i-Smart belum dipublikasikan. Harga resminya baru akan diumumkan pada 2 Juni 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Besar kemungkinan harganya akan lebih mahal ketimbang HS Excite dan Ignite. Sebagai informasi, kedua varian tersebut dijual dengan harga Rp 378,8 juta dan Rp 435,8 juta OTR Jakarta.

Keunggulan i-Smart pada MG

MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114197)
searchPerbesar
Fitur i-Smart MG HS Foto: dok. MG Cars
Teknologi i-Smart membawa sistem kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI). Fitur ini membuat pengemudi bisa mengontrol hampir semua fitur dari MG lewat satu sentuhan pada gawai.
Sebenarnya teknologi ini bukanlah teknologi baru untuk MG, mereka sudah memperkenalkannya untuk pasar Thailand. Seperti penjelasan di atas, i-Smart punya 2 fungsi yakni Internet Mobile dan ADAS.
Internet Mobile terbagi menjadi 3 fungsi lagi yaitu smart check, smart command, dan smart connect. Pada smart check, memiliki fungsi untuk memungkinkan para pengguna melakukan pemeriksaan dan pengaturan khusus terhadap mobil MG mereka melalui aplikasi pada ponselnya, yakni MG i-Smart.
ADVERTISEMENT
Adapun smart connect memungkinkan pemilik bisa menyambungkan smartphone dengan mobil, dan smart command berfungsi mengaktifkan fitur mobil lewat perintah suara.
MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114198)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lalu MG Pilot atau Advanced Driving Assistance System di MG, tentu saja dihadirkan untuk menambah kenyamanan, meningkatkan pengalaman berkendara, dan meningkatkan rasa aman bagi pengemudi.
Ada beberapa fitur keselamatan dan bantuan mengemudi canggih semi otonomos yang terbenam pada MG Pilot ini, berikut lengkapnya:
  • Lane Assist System : Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Lane Keep Assist
  • Front Drive Assist
  • Traffic Jam Assist
  • Forward Collision Warning
  • Intelligent High-beam Control
  • Rear Drive Assist: Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Detection.

Perkiraan model lain

MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114199)
searchPerbesar
Tampilan depan M3 Hatchback. Foto: MG Cars UK
Lantas model apa yang akan dibenamkan fitur i-Smart? Arief memang belum mau membocorkannya. Tapi melihat model yang eksis bisa jadi adalah MG ZS, atau bisa jadi mobil baru yang akan diluncurkan di 2021 ini.
MG Buka Peluang Suntik Teknologi i-Smart ke Model Lain, Apa Saja? (114200)
searchPerbesar
Mobil listrik MG EP. Foto: Autodeft
Ia memberi kisi-kisi akan menjual mobil selain SUV, nah besar kemungkinan adalah MG 3 hatchback. Selain itu, MG Indonesia juga akan meluncurkan mobil listrik lagi di tahun ini, setelah sebelumnya memperkenalkan ZS EV, bisa jadi mobil ramah lingkungan tersebut juga akan dibenamkan i-Smart.
ADVERTISEMENT