Otomotif
·
25 Mei 2021 14:13
·
waktu baca 3 menit

MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162813)
searchPerbesar
Tampilan depan MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
MG (Morris Garage) Motor Indonesia memperkenalkan varian baru dari SUV-nya HS Magnify i-Smart pada Selasa (25/5). Tipe ini melengkapi trim yang sudah lebih dulu diluncurkan yakni Excite dan Ignite.
ADVERTISEMENT
Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mengatakan hadirnya teknologi i-Smart pada model HS menjawab permintaan konsumen akan SUV yang canggih.
"Semua aktivitas mobil Lewat i-Smart bisa diaktifkan lewat smartphone, bahkan menghidupkan mesin dan AC dalam satu sentuhan jari itu bisa dilakukan. Selain itu, kita mengemas i-Smart ini lewat 4 pilar yakni smart check, smart command, smart connect, dan smart pilot," kata Arief saat sesi pengenalan unit di kawasan BSD, Tangerang Selatan.
Sayangnya untuk harga dari varian tertinggi HS ini, MG belum mau buka-bukaan. Rencananya mereka akan meluncurkan secara resmi pada 2 Juni 2021 mendatang. Namun yang pasti harganya akan lebih mahal dari kedua varian yang sudah ada.
ADVERTISEMENT

i-Smart teknologi jagoan MG

MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162814)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sebenarnya teknologi ini bukanlah teknologi baru untuk MG, mereka sudah memperkenalkannya untuk pasar Thailand. Secara garis besar, i-Smart menawarkan 2 fungsi utama yakni internet mobil dan MG Pilot yang merupakan fitur Advanced driver assistance system atau ADAS.
Oke, pertama kita bahas untuk internet mobile. Di sini dibagi menjadi 3 fungsi lagi yakni smart check, smart connect, dan smart command. Pada Smart Check, memiliki fungsi untuk memungkinkan para pengguna melakukan pemeriksaan dan pengaturan khusus terhadap mobil MG mereka melalui aplikasi pada ponselnya, yakni MG i-Smart.
MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162815)
searchPerbesar
Fitur i-Smart di MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara smart connect memungkinkan pemilik bisa menyambungkan smartphone dengan mobil, dan smart command berfungsi mengaktifkan fitur mobil lewat perintah suara.
Selain fitur internet mobile, i-Smart juga dibekali dengan fitur bantuan mengemudi semi otonomos atau MG Pilot. Kehadiran fitur Advanced Driving Assistance System ini, tentu saja dihadirkan untuk menambah kenyamanan, meningkatkan pengalaman berkendara, dan meningkatkan rasa aman bagi pengemudi.
MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162816)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Ada beberapa fitur keselamatan dan bantuan mengemudi canggih semi otonomos yang terbenam pada MG Pilot ini, berikut lengkapnya:
ADVERTISEMENT
  • Lane Assist System : Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Lane Keep Assist
  • Front Drive Assist
  • Traffic Jam Assist
  • Forward Collision Warning
  • Intelligent High-beam Control
  • Rear Drive Assist: Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Detection.

Desain dan spesifikasi tak berubah

MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162817)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Soal desain, MG HS i-Smart tak mengalami ubahan signifikan. Jika ada, hanya penambahan logo di belakang, dan sensor radar di bagian depan. Pun dengan jantung pacunya dia masih mengemas mesin 1.500 cc, khusus MG HS mendapat suntikan induksi paksa berupa turbo.
Profil mesinnya berkubikasi 1.490 cc, DOHC, 4-silinder dengan 16 katup, dan mendapat dukungan turbo TGI. Di atas kertas menjanjikan tenaga 160 dk di 5.600 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada putaran 1.700 hingga 4.400 rpm.
ADVERTISEMENT
Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi otomatis Twin Clutch Sportronic 7-percepatan. Khusus trim tertinggi ditambahkan fitur Super Sport, berupa tombol mode berkendara yang menjanjikan performa yang lebih buas.
MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162818)
searchPerbesar
Interior MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara untuk fitur yang lain seperti sunroof, AC digital, pengaturan jok 6 arah pengemudi, sampai ambient light masih dibenamkan. Adapun untuk fitur keselamatan, mobil ini juga mengemas beberapa teknologi cukup canggih, di antaranya adalah:
  • 6 airbags
  • Rem ABS, EBD, BA
  • Auto Vehicle Hold (AVH)
  • Electronic Differential System
  • Door Opening Warning
  • Curve Brake Control
  • Stability Control System
  • Hill Start Assist
  • Hill Descent Control
  • Anti Rolling Program
  • Motor Control Slide Retainer
MG HS Meluncur, Punya Teknologi i-Smart dan Banjir Fitur Canggih, Minat? (162819)
searchPerbesar
Wuling Almaz RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hadirnya MG HS i-Smart makin memperseru persaingan pasar mobil semi otonom di pasar Indonesia. Sebelumnya Wuling juga baru meluncurkan Almaz RS dengan teknologi yang sama yakni WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem).
ADVERTISEMENT
Menarik untuk ditunggu harga resmi dari MG HS i-Smart. Kabarnya banderol SUV ini akan bersaing ketat dengan Wuling Almaz RS.