Otomotif
·
28 September 2020 15:05

Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta (121197)
Tampilan samping Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Foto: Piaggio Indonesia
Vespa Primavera Sean Wotherspoon resmi dijual oleh PT Piaggio Indonesia dengan harga Rp 85 juta OTR Jakarta. Menariknya, harga `bekas` motor ini tembus Rp 100 juta bahkan ada yang melego Rp 160 juta di beberapa marketplace otomotif Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Menanggapi ini, PR & Communication Manager Piaggio Indonesia, Robby Gozal mengatakan tak bisa mengatur harga jual setelah Primavera Wotherspoon sampai di garasi konsumen.
"Kita bisa mengatur dan menjaga harga untuk unit baru di diler resmi kami, tapi untuk Vespa second, harga di luar kapasitas kami, itu tergantung pemilik yang ingin menjual," kata Robby kepada kumparan, Senin (28/9).
Robby melanjutkan, untuk mendapatkan harga terbaik dan jaminan produk, dia menyarankan konsumen membeli langsung di diler resmi yang terdaftar di bawah naungan Piaggio Indonesia.
Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta (121198)
Decal bodi samping Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Foto: Piaggio Indonesia
Meroketnya banderol Vespa Primavera Sean Wotherspoon tak lepas dari strategi Piaggio Indonesia yang menjual motor tersebut dalam edisi terbatas.
Hal ini pernah terjadi juga pada Vespa Sprint Notte yang dijual terbatas pada 2019 lalu. Saat meluncur Vespa dengan kelir hitam itu dijual Rp 48,5 juta sekarang harga bekasnya terpantau Rp 60 jutaan.
ADVERTISEMENT

Antisipasi makelar

Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta (121199)
Headlamp Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Foto: Piaggio Indonesia
Sebagai antisipasi adanya makelar atau calo, Robby menjelaskan untuk pembelian Vespa Primavera Sean Wotherspoon dibatasi satu KTP hanya untuk satu unit.
"Untuk pembelian unit sudah kita atur, satu nama hanya bisa membeli satu unit saja," paparnya.
Respons positif terhadap Vespa Primavera edisi terbatas ini rupanya bukan hanya di Tanah Air. Besar kemungkinan motor ini pun akan dikapalkan alias dikirim secara ilegal ke luar negeri.
"Untuk di kirim Ilegal ke luar, jika ada informasi perihal tersebut mungkin kita akan bisa tindak lanjuti," tegas dia.
Banderol Primavera Sean Wotherspoon di Indonesia cukup mengejutkan, pasalnya motor ini dijual lebih murah dari harga pasar di Amerika Serikat.
Di negeri Paman Sam, Vespa dengan balutan warna warni ini dijual 5.749 dolar atau setara Rp 85,759 juta. Prediksi awal sebelum resmi dijual di Indonesia motor ini bakal tembus Rp 100 juta karena penghitungan pajak barang impor.
Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta (121200)
Layout mesin Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Foto: Piaggio Indonesia
Dari segi teknis, tak sedikitpun berbeda dengan Primavera standar. Tetap mempertahankan mesin 154,8 cc berteknologi i-get dengan tenaga maksimum 11,6 dk pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm di 5.000 rpm.
ADVERTISEMENT
Begitu juga untuk sistem pengereman, masih mengandalkan cakram 220 mm di depan dan tromol 140 mm di belakang dengan sensor ABS tunggal. Panel instrumen pun tak berubah masih sama dengan model terdahulu.
Minggu Lalu Rp 85 Juta, Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon Kini Rp 160 Juta (121201)
Tampilan jok Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Foto: Piaggio Indonesia
Perbedaan paling kentara jelas di sektor fisik. Di Primavera edisi terbatas ini banyak simbol-simbol yang mempertegas karakter Sean Wotherspoon dengan pemilihan warna dan beberapa sentuhan decal.
Sebagai informasi produk terbaru ini adalah hasil kolaborasi Vespa dengan desainer sepatu kondang asal Amerika Serikat, Sean Wotherspoon. Produk kerja sama ini sejatinya sudah meluncur lebih dulu di gelaran EICMA, Milan 2019 lalu.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)