kumparan
search-gray
Otomotif1 Agustus 2020 14:48

Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya?

Konten Redaksi kumparan
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39772)
Mitsubishi Pajero generasi keempat. Foto: dok. wikimedia
Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan menghentikan penjualan Pajero, mulai 2021 mendatang. Penyebabnya, pabrikan tiga berlian itu bakal menutup fasilitas produksinya di Jepang pada 2023, karena penjualan yang menurun.
ADVERTISEMENT
Adapun, Mitsubishi Pajero yang dimaksud disini bukanlah Pajero Sport seperti yang dipasarkan di Indonesia. Walaupun memiliki nama yang hampir serupa, keduanya merupakan entitas berbeda.
"Meski berbagi DNA tangguh dengan daya tahan dan performa yang tinggi, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport adalah dua produk dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda," ungkap Naoya Nakamura, Presiden Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39773)
Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga. Foto: dok. Mitsubishi
Nah, buat Anda yang belum tahu perbedaan antara Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport, berikut kumparan sajikan informasi lengkapnya.

Awal kemunculan Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero hadir jauh lebih dahulu dibandingkan Pajero Sport. Mengacu rilis resmi dari MMKSI, Pajero generasi pertama diproduksi pada 1982, dengan perkenalan versi konsepnya terlebih dahulu di tahun 1979.
ADVERTISEMENT
Sementara Pajero Sport, baru dilahirkan Mitsubishi pada 1996. Di generasi awalnya, Pajero Sport ini memiliki desain khas mengotak.
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39774)
Mitsubishi Pajero generasi pertama. Foto: dok. wikimedia

Nama lain Pajero

Di beberapa negara, kedua mobil ini rupanya punya nama lain yang berbeda-beda, ya meskipun beberapa nama keduanya tetap mirip dan hanya dibedakan dengan kata Sport saja.
Pada Mitsubishi Pajero, memiliki nama lain Montero dan Shogun. Sedangkan nama lain Pajero Sport, yakni Montero Sport, Shogun Sport, dan Challenger.
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39775)
Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama. Foto: dok. wikimedia

Jumlah generasi Pajero

Sesuai dengan tahun lahirnya yang lebih awal dibandingkan Mitsubishi Pajero Sport, otomatis membuat jumlah generasi dari Pajero jauh lebih banyak. Pajero tercatat telah memiliki 4 generasi.
  • Mitsubishi Pajero generasi pertama (1982)
  • Mitsubishi Pajero generasi kedua (1991)
  • Mitsubishi Pajero generasi ketiga (1999)
  • Mitsubishi Pajero generasi keempat (2006)
ADVERTISEMENT
Berikutnya pada Mitsubishi Pajero Sport, tercatat hanya melakukan regenerasi model sebanyak 3 kali.
  • Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama (1996)
  • Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua (2008)
  • Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga (2015)
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39776)
Mitsubishi Pajero generasi kedua. Foto: dok. wikimedia

Varian bentuk bodi

Dengan entitasnya berbeda, kedua mobil ini rupanya juga punya ragam bentuk bodi yang berbeda-beda. Pada Mitsubishi Pajero generasi pertama dan kedua ditawarkan dalam pilihan 3-pintu dan 5-pintu dengan pilihan atap hard top dan soft top.
Sayangnya, pada generasi ketiga dan keempatnya, pilihan atap soft top Pajero resmi dihapus Mitsubishi. Namun untuk pilihan bodinya tetap tersedia 3 dan 5-pintu.
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39777)
Mitsubishi Pajero generasi ketiga. Foto: dok. wikimedia
Sementara pada Pajero Sport, Mitsubishi selalu menawarkannya dengan konfigurasi 5-pintu. Hanya saja pada generasi pertama, Pajero Sport hanya tersedia konfigurasi kursi 5 penumpang saja. Barulah pada generasi kedua dan ketiga, Mitsubishi menggantinya dengan kapasitas kursi 7-penumpang.
ADVERTISEMENT

Sistem penggerak roda

Ciri khas lain yang menjadi salah satu pembeda antara Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport, yakni terletak pada sistem penggerak rodanya.
Pada Mitsubishi Pajero, sejak generasi pertama hingga generasi keempat, hanya tersedia pilihan sistem penggerak 4 roda.
Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero, Sudah Tahu Perbedaannya? (39778)
Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua. Foto: dok. wikimedia
Nah, berbeda dengan Pajero yang punya satu pilihan sistem penggerak, Pajero Sport justru ditawarkan dengan 2 model penggerak: 2 roda belakang atau 4 roda.

Fasilitas produksi

Mitsubishi Pajero tercatat diproduksi di 1 fasilitas produksi di Jepang. Sedangkan, Pajero Sport, punya fasilitas produksi yang lebih banyak, yakni Thailand, Indonesia, Bangladesh, dan Rusia.
Nah, bagaimana sekarang sudah tahu kan perbedaan antara Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport. Jadi, jangan sampai salah lagi ya.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona