Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya

18 Agustus 2021 12:52
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya (202150)
searchPerbesar
Nissan leaf Foto: Muhammad Ikbal
PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) resmi meluncurkan mobil listrik Nissan LEAF pada Rabu (18/8/2021). Ini jadi penjualan mobil listrik murni pertama Nissan di Indonesia setelah sebelumnya resmi memasarkan mobil hybrid Nissan Kicks e-Power.
ADVERTISEMENT
Kehadiran mobil listrik Nissan LEAF ini merupakan komitmen Nissan dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan populasi kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.
“Lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia telah beralih ke Nissan LEAF, membawa Nissan lebih dekat ke masyarakat yang lebih berkelanjutan, lebih aman, dan ramah lingkungan. Kami percaya bahwa The All New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” kata Presiden Direktur PT NMDI, Evensius Go dalam acara virtual launching Nissan LEAF
Khusus pasar Indonesia, Nissan LEAF ditawarkan dalam 2 opsi warna, single tone dan dual tone. Untuk warna single tone ditawarkan dengan harga promo launching Rp 649 juta on the road , sementara untuk warna dual tone dijual dengan harga Rp 651 juta on the road.
Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya (202151)
searchPerbesar
Nissan LEAF. Foto: dok. Nissan Indonesia

Spesifikasi Mobil Listrik Nissan LEAF

Sebagai sebuah mobil listrik murni, Nissan LEAF hadir dengan dibekali motor listrik dan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh. Kombinasi itu menawarkan tenaga 110 kW atau setara 148 dk pada putaran mesin 3200 rpm hingga 9.700 rpm dan torsi puncak 320 Nm pada putaran mesin 0 hingga 3.200 rpm.
ADVERTISEMENT
Tenaga dan torsi itu selanjutnya disalurkan ke 2 roda depan melalui transmisi otomatik single speed gear reduction. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Nissan LEAF diklaim mampu melesat dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimum 155 km/jam.
Guna memberikan sensasi berkendara mobil listrik yang lebih maksimal, Nissan LEAF juga dibekali dengan 4 pilihan modus berkendara. Mulai dari D-Mode, B-Mode, ECO-Mode, dan B+ECO-Mode.
Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya (202152)
searchPerbesar
Jantung mekanis Nissan Leaf Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Tak hanya itu, salah satu keunggulan yang ditawarkan pada mobil listrik Nissan LEAF ini, yakni hadirnya teknologi Nissan Intelligent Driving yang memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan akselerasi, deselerasi, hingga melakukan pengereman dengan hanya menggunakan satu pedal.
Teknologi yang bernama e-Pedal ini, diklaim dapat memberikan kenyamanan yang lebih maksimal bagi pengemudi, serta dapat meningkatkan efisiensi daya baterai.
ADVERTISEMENT

Punya 3 Metode Pengisian Daya Baterai

Berbicara soal daya baterai, mobil listrik Nissan LEAF ini diklaim dapat terus melaju sejauh 311 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Penghitungan ini berdasarkan hasil tes dari NEDC.
Adapun untuk mengisi daya baterainya, Nissan LEAF dapat diisi daya baterai dengan 3 pilihan pengisian. Mulai dari portable charger, wallbox, hingga fast charging di SPKLU.
Untuk pengisian daya dengan portable charger, dibutuhkan daya listrik minimal 3,3 kiloWatt dengan waktu pengisian 12 hingga 15 jam. Lalu untuk pengisian home charger melalui wallbox AC, dibutuhkan daya listrik 6,6 hingga 7 kW. Waktu pengisiannya sedikit lebih cepat, menjadi 5 hingga 7 jam.
Terakhir untuk pengisian daya fast charging di SPKLU, dapat menggunakan soket model DC dengan pengisian daya hingga 80 persen selama 40 hingga 60 menit.
Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya (202153)
searchPerbesar
Nissan leaf Foto: Muhammad Ikbal

Fitur Berlimpah

Selain dibekali dengan teknologi elektrifikasi canggih, mobil listrik Nissan LEAF ini tentu saja sudah dijejali dengan ragam fitur unggulan. Mulai dari fitur kenyamanan, fitur hiburan hingga fitur keselamatan. Berikut fitur lengkap pada Nissan LEAF.
ADVERTISEMENT
Fitur Kenyamanan
  • Engine start stop button
  • Keyless entry
  • Pengaturan audio pada setir
  • Layar instrumen digital 7-inci
  • Setir flat bottom
  • Tilt steering
  • Cruise Control
  • Pengaturan jok.
Mobil Listrik Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya (202154)
searchPerbesar
Interior Nissan Leaf Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Fitur Hiburan
  • Head unit layar sentuh 8-inci dengan konektivitas Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth dan Voice Command.
  • Speakers 4-titik.
Fitur Keselamatan
  • Airbags 6-titik
  • Seatbelt 3 titik dengan pretensioner dan load limiter
  • ABS+EBD
  • Brake Assist
  • Electronic Parking Brake
  • Hill Start Assist
  • Forward Collision Warning
  • Forward Emergency Braking
  • Intelligent Trace Control
  • Vehicle Dynamic Control.
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020