Otomotif
·
21 September 2018 20:17

Modifikasi Audio Toyota Fortuner dengan Audio Rockford Fosgate

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Modifikasi Audio Toyota Fortuner dengan Audio Rockford Fosgate (24606)
Toyota Fortuner (Foto: Dok. TAM)
Mitsubishi Motors berhasil merangsang segmen SUV dengan meluncurkan varian terbatas Pajero Sport Rockford Fosgate. Model yang hanya diproduksi 1.000 unit ini pun ludes dalam waktu yang terbilang singkat.
ADVERTISEMENT
Tidak menunggu waktu lama, Mitsubishi kembali meluncurkan model serupa dengan jumlah yang sama dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 awal Agustus lalu.
Namun jangan berkecil hati bagi para pengagum rivalnya yakni Toyota Fortuner. Sistem audio premium Rockford Fosgate ternyata juga dapat dipasang pada SUV tiga oval ini.
Salah satu referensi bengkel spesialis audio tersebut adalah Serasi Audio yang ada di Mega Glodok Kemayoran (MGK). "Paket pemasangan full Rockford Fosgate untuk Toyota Fortuner itu Rp 14,5 juta, ada garansi satu tahun untuk subwoofer-nya," ucap Budi saat ditemui di MGK beberapa waktu lalu.
Modifikasi Audio Toyota Fortuner dengan Audio Rockford Fosgate (24607)
Paket audio Rockford Fosgate (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Paket pemasangan full audio pabrikan Amerika tersebut meliputi satu set speaker split depan termasuk twitter, satu set speaker coaxial di tengah, satu power amplifier 4 channel, satu monoblok audio, dan satu subwoofer berukuran 12 inci yang lengkap dengan emblem Rockford Fosgate. .
ADVERTISEMENT
Selain dijual dengan paket lengkap, Budi juga menjualnya secara terpisah. "Contoh kalau ganti subwoofer itu Rp 3,5 juta, power amplifier 4 channel-nya Rp 2 juta," tambah Budi.
Bicara pemasangan, pemilik mobil harus merelakan beberapa bagian lapisan bodi serta door trim-nya dicoak alias dimodifikasi untuk menempatkan twitter maupun subwoofer. Terlebih bagian bagasinya harus dikorbankan untuk pemasangan subwoofer 12 inci. Proses instalasi pun terbilang singkat dengan waktu 1 hingga 2 jam saja di bengkelnya.
"Pasangnya gampang, enggak meengubah kelistrikan mobil, kan ini cuma tempel pasang, intinya buat memperbagus kualitas audionya aja kan," tambah Budi.
Modifikasi Audio Toyota Fortuner dengan Audio Rockford Fosgate (24608)
Paket audio Rockford Fosgate (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Sayangnya, model yang saat ini tersedia di bengkelnya hanya tersedia untuk Toyota Fortuner, sementara untuk paket audio Rockford Fosgate pada mobil lainnya dapat dibeli sesuai pesanan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan modifikasi audio premium ini, tertarik untuk memodifikasinya? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!