kumparan
15 Mei 2019 13:41

Modus Baru Begal: Tarik Kunci Motor

Ilustrasi Begal, Kriminal, Penembakan,
Ilustrasi begal. Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan
Aksi pembegalan kembali terjadi di Jalan Iskandar Muda, kawasan Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (15/5) dini hari. Korban bernama Reza Akum mengabadikan aksi tersebut dalam kamera yang diletakkan di motornya.
ADVERTISEMENT
Pada potongan video yang ia unggah di media sosialnya memperlihatkan, dalam keadaan berkendara, korban dipepet dua orang pembegal. Tak berapa lama, pembegal yang dibonceng langsung menjuruskan tangan kirinya berusaha mencabut kunci motor milik Reza.
Namun aksinya terhalang tangan kanan Reza yang memegang handle grip motor. Sadar akan jadi korban tindak kejahatan, tangannya refleks mengelak, dan beruntung pelaku gagal melakukan aksinya.
Loading Instagram...
“Awalnya kebetulan untuk vlog biasa ya makanya riding santai pulang kerja, pas lewat di depan Gandaria City di sekitaran putar balik, tiba-tiba ada dua orang mepet berusaha ambil kunci, cuma susah karena kehalang tangan kan, habis itu ngerem enggak sampai berhenti, sempat mikir pengen turun, cuma mikir pasti ada temannya lagi, pas nengok oh ternyata benar ada lagi, makanya langsung refleks menghindar kan,” cerita Reza kepada kumparan, Rabu (15/5).
ADVERTISEMENT
Dari video terlihat, selain dua orang tadi, menyusul tiga orang lain dalam satu motor yang diduga sebagai komplotan begal tersebut. Setelah gagal merampas, kelima komplotan tadi kemudian memberhentikan lajunya, sambil Reza terus memacu Yamaha Vixion-nya karena khawatir terus dikejar.
Modus begal: rampas kunci motor
Modus begal: rampas kunci motor Foto: tangkapan layar Instagram/rzamotovlog
“Kondisinya sepi cuma enggak gelap, pas cabut kepikiran safety dulu yang penting lolos dulu makanya ngebut sampai kameranya nunduk gitu kan. Setelah nemuin jalan yang agak ramai, baru beranikan melihat ke belakang, ternyata enggak dikejar,” timpalnya.
Reza menambahkan belum melapor ke pihak berwajib terkait persitiwa yang ia alami tersebut.
Sementara itu, Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengatakan, motif begal untuk merampas kendaraan target memang bermacam-macam. Bahkan, soal pembegalan dengan modus mengambil anak kunci sambil berjalan bukanlah hal baru.
Ilustrasi Begal dan Rampok
Ilustrasi Begal dan Rampok Foto: Muhammad Faisal Nu'man
Kemudian guna meminimalisir hal tersebut berulang, Ia mengimbau untuk menghindari riding malam hari sendirian. Upayakan riding secara berkelompok.
ADVERTISEMENT
“Sebetulnya begini, kalau cara untuk begal merampas kendaraan itu motifnya berbagai cara, kalau misal mencabut kunci motor orang yang sedang berjalan risikonya bisa terjatuh, kebanyakan sih mendorong pemotor supaya menghentikan kendaraan. Jadi apabila mampu melakukan perlawanan silahkan demi keselamatan,” ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan