Mudik Pakai Mobil, Servis Dahulu atau Ikuti Panduan Perawatan Berkala?

31 Maret 2024 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Servis bengkel resmi Suzuki Indonesia.  Foto: dok. Suzuki
zoom-in-whitePerbesar
Servis bengkel resmi Suzuki Indonesia. Foto: dok. Suzuki
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) memprediksi setidaknya akan ada 18,3 persen warga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebanyak 35,42 juta di antaranya memakai mobil pribadi.
ADVERTISEMENT
Satu minggu sebelum estimasi puncak mudik lebaran pada 5-7 April mendatang, 4W Service Area Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Purnomo mengatakan, banyak pemilik mobil sudah bersiap dengan melakukan perawatan berkala kendaraannya di bengkel resmi.
"Apalagi minggu-minggu terakhir sekarang itu data kami ada kenaikan 16 persen pengunjung ke bengkel di area Jabodetabek," buka Purnomo ditemui di Bekasi, Jawa Barat.
Hal tersebut, diakuinya membuat aktivitas bengkel resmi Suzuki jadi lebih ramai dari hari biasanya. Lantas, bagaimana dengan pemilik mobil yang bimbang hendak servis terlebih dahulu atau sebaiknya mengikuti anjuran periodik perawatan berkala di buku servis?
Bengkel Siaga Suzuki. Foto: dok. Suzuki
"Kalau periode perawatan berkalanya sudah dekat biasanya akan dapat notifikasi pesan dari bengkel resmi. Tapi katakan momennya pas banget si pemilik sudah siap berangkat mudik, ya tidak apa-apa bisa manfaatkan posko mudik atau bengkel siaga terdekat kami," imbuh Purnomo.
ADVERTISEMENT
Purnomo menjelaskan, pada masa lebaran hingga mudik usai nanti, PT SIS telah menyiapkan layanan bengkel siaga untuk mobil dan motor sebanyak 66 titik yang berlokasi di daerah Sumatera, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali selama 5-14 April 2024.
"Jadi waktunya fleksibel, mau itu jam malam ingin servis sesuai kilometer yang sudah dicapai dengan ganti oli mesin atau transmisi itu bisa semua dikerjakan. Karena memang dari pengalaman kita itu yang banyak terjadi atau mau lakukan pengecekan awal sebelum berangkat bisa juga," jelasnya.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siapkan bengkel siaga untuk masa mudik lebaran 2024. Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Selain bengkel siaga, layanan Halo Suzuki Mudik Assistant yang beroperasi 24 jam juga siap siaga untuk menolong pengguna yang membutuhkan bantuan darurat. Sebanyak 56 outlet bengkel siaga untuk mobil dan 10 outlet untuk sepeda motor telah disiapkan Suzuki.
ADVERTISEMENT
Selama 10 hari, bengkel siaga Suzuki tersedia dengan jam operasional yang beragam yaitu 29 outlet melayani selama 24 jam, 12 outlet yang melayani selama 16 jam dan 15 outlet yang beroperasi selama 11 jam.
Bagi pemilik mobil Suzuki yang berada di jalan tol dan membutuhkan bantuan darurat dapat pula mengunjungi Emergency Rest Area 24 jam yang berlokasi di KM 102A dan KM 456A. Pilihan lainnya, pemilik dapat memanfaatkan layanan home service Suzuki sebelum melakukan perjalanan.
***