kumparan
15 Oktober 2019 12:21

Naik Hampir Dua Kali Lipat, Jimny Bekas Gen 4 Tembus Rp 500 Juta

Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Inden Suzuki Jimny terbaru yang mengular hingga empat tahun dimanfaatkan beberapa orang buat meraup untung. Ya, ada fenomena Jimny generasi keempat itu dijual kembali dengan harga yang naik hingga hampir dua kali lipat.
ADVERTISEMENT
Buktinya di beberapa platform jual beli mobil bekas, SUV ikonik tersebut dilabeli paling mahal Rp 500 juta. Kondisinya beragam, mulai dari standar, kemudian yang sudah dimodifikasi ringan berupa penggantian ban, audio, coating, ataupun masih berkilometer rendah.
Suzuki Jimny Tough Concept
Suzuki Jimny Tough Concept Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Padahal mengacu laman resmi Suzuki Indonesia, Jimny paling murah berbanderol Rp 340,5 juta dan tertinggi Rp 355 juta on the road (OTR) Jakarta.
Melihat hal ini, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menjelaskan, bakal menindak diler yang sudah mengeluarkan unitnya tersebut.
Suzuki Jimny
Suzuki Jimny Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
"Bukan ke penjual tapi ke dilernya. Kami bisa track dan kami pasti akan koordinasi dengan internal diler yang sudah merilis Jimny tersebut," kata Donny kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Soal tindakannya, Donny tidak menjelaskannya lebih rinci. Hanya saja berkaitan dengan alokasi unit ke diler yang bisa saja dibekukan sementara.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Kan kami punya 53 diler, unitnya 50, kami bagi satu-satu, tiap bulannya ada 3 diler yang tidak dapat unit, nah ini kemudian caranya kami minta ke diler prioritas Jimny untuk pecinta Suzuki, artinya yang punya hubungan emosional dengan track record kami," tambah Donny.
Kendati begitu, sah-sah saja bagi konsumen yang sudah kesengsem sejak lama membeli dengan harga bekas tersebut. Namun Donny tetap berpesan untuk memboyong Jimny dari diler langsung guna menghindari praktik penipuan.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
"Kami tidak menyarankan membeli Jimny dengan harga tersebut, karena kami tidak bisa memvalidasi apakah itu benar atau tidak, takutnya nanti sudah DP, barangnya enggak ada, kalaupun benar terjadi kan kami juga yang kena," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Suzuki Jimny yang melakoni debut globalnya pertengahan 2018 lalu, menggunakan dapur pacu dengan kode yang sama seperti Ertiga dan Carry terbaru. Tapi ada penyesuaian soal tenaga maupun momen puntirnya.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Di atas kertas, mesin K15B Suzuki Jimny berkubikasi 1.462 cc-nya itu menjanjikan tenaga 100 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di putaran 4.000 rpm. Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi manual atau otomatik (AT) 4-percepatan.
Tenaganya disalurkan melalui roda depan, atau keempat roda lewat tuas transfer case. Sementara fitur keselamatannya terdiri dari Hill Descent Control, Hill Hold Control, Traction Control, ditambah Electronic Stability Program.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan