kumparan
18 November 2019 9:12

New Vespa Elettrica Meluncur, Optimalkan Performa dan Daya Jelajah

New Vespa Elettrica
New Vespa Elettrica. Foto: dok. Istimewa
Jenama Italia, Vespa secara resmi memperkenalkan skutik listrik terbarunya, Vespa Elettrica di gelaran EICMA, Milan 2019. Di generasi terbaru ini, Elettrica mendapati revisi di sektor dapur pacu yang membuatnya bisa berakselerasi lebih gesit.
ADVERTISEMENT
Ya, jika pada model sebelumnya yang meluncur di EICMA 2018, skutik listrik ini hanya mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 48 km/jam. Nah, untuk menjaga daya jelajahnya sampai 100 km, disematkan modus berkendara --Eco Mode-- yang membatasi kecepatan hanya 18 km/jam.
New Vespa Elettrica
Tampilan samping New Vespa Elettrica. Foto: dok. Istimewa
Di versi terbaru ini, Vespa Elettrica mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 100 km/jam tanpa mengurangi jarak dan daya jelajahnya yakni, 100 km dalam keadaan baterai terisi penuh. Penambahan performa ini diinformasikan Vespa karena adanya pengoptimalan di sektor perangkat lunak. Sementara itu, untuk perangkat keras tak mengalami ubahan karena dinilai masih cukup mumpuni.
Selain dibekali baterai berjenis lithium-ion, untuk optimalisasi daya jelajah dan penghematan daya, motor listrik ini mengadopsi teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang mampu menyimpan energi terbuang ketika motor sedang melakukan pengereman.
New Vespa Elettrica
Tampilan depan New Vespa Elettrica. Foto: dok. Istimewa
Menariknya, kehadiran New Vespa Elettrica tak menggantikan Elettrica model sebelumnya. Artinya, versi terbaru ini diposisikan sebagai opsi lain dari model yang sudah meluncur lebih awal. Ya, konsumen masih bisa memiliki Elettrica versi 2018 jika tak menginginkan model terbarunya.
New Vespa Elettrica
Tampilan panel instrumen New Vespa Elettrica. Foto: dok. Istimewa
Secara total, tampilan dan desain New Vespa Elettrica tak berbeda jauh dengan tipe mesin konvensionalnya. Modelnya masih mengusung gaya modern dan futuristik, bodinya masih terlihat sintal dan kompak. Beberapa fitur modern pun disematkan seperti, lampu LED depan dan belakang, panel instrumen digital, dan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System).
ADVERTISEMENT
Karena ditampilkan sebagai model baru, ada beberapa pembeda dengan model sebelumnya yakni suspensi depan absorber yang diberi kelir warna merah, dudukan plat nomor baru, hingga cover power dengan tampilan anyar.
Sebagai informasi, dalam keadaan baterai habis hingga kondisi penuh membutuhkan waktu kurang lebih empat jam. Sayangnya untuk banderol resmi dari motor ini belum diinformasikan oleh pihak Vespa global. Lantas, apakah New Vespa Elettrica bakal diniagakan untuk pasar Indonesia? Menarik ditunggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan