Otomotif
·
23 September 2019 17:00

Nissan Indonesia: Pabrik Tidak Tutup, Hanya Optimasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nissan Indonesia: Pabrik Tidak Tutup, Hanya Optimasi (19164)
Nissan X-Trail baru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kabar tak mengenakan datang lagi dari Nissan. Prinsipalnya di Jepang dikabarkan telah menutup satu dari dua fasilitas produksinya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Usut punya usut, keputusan ini diambil setelah tidak ada lagi aktivitas produksi mobil beremblem Nissan pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, demikian seperti laporan Japantimes.
Nissan Indonesia: Pabrik Tidak Tutup, Hanya Optimasi (19165)
Nissan X-Trail baru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Adapun pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI) terakhir kali memproduksi Grand Livina dan X-Trail pada bulan Januari lalu sebanyak 96 dan 84 unit. Setelahnya, untuk meneruskan eksistensi Livina generasi terbaru, unitnya dibuat di fasilitas produksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).
Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi angkat bicara. Ia menegaskan pabrik Nissan masih beraktivitas, hanya saja dengan porsi berbeda.
"Terkait Nissan di Indonesia, (ini merupakan) rencana optimasi yang mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing, dan optimasi produksi," singkat Sekiguchi melalui pesan tertulis kepada kumparan, Senin (23/9).
Nissan Indonesia: Pabrik Tidak Tutup, Hanya Optimasi (19166)
Desain lampu belakang Nissan X-Trail baru mirip Livina Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Head of Communications PT NMI, Hana Maharani, menambahkan, strategi optimasi itu membuat pabrik Nissan hanya beroperasi untuk memproduksi mobil Datsun. Lagipula, fasilitas produksi itu menjadi satu kesatuan --dalam satu area.
ADVERTISEMENT
"Masih, kami produksi lokal untuk model Datsun," jelasnya lagi.
Stop produksi Datsun Cross
Sementara itu, data produksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Juli 2019, memperlihatkan bahwa NMI masih memproduksi Datsun. Hanya saja cuma dua model: Go dan Go+ yang masing-masing terdiri atas versi matik dan manual.
"Datsun Cross secara nasional untuk VIN 2019 enggak ada, terakhir itu jualnya yang buatan tahun 2018, sekarang susah untuk jual Cross lagi," jelas salah satu tenaga penjual Nissan-Datsun.
Nissan Indonesia: Pabrik Tidak Tutup, Hanya Optimasi (19167)
Datsun Cross Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Benar saja, masih dari data yang sama, tidak ada model Datsun Cross terpampang. Model mobil perkotaan yang mengambil basis Go+ ini dibuat hanya dalam periode Januari hingga Mei 2018 sebanyak 4.212 unit.
ADVERTISEMENT
Sementara produksi gabungan Datsun Go dan Go+ pada kurun waktu yang sama tercatat sebanyak 2.716 unit.