kumparan
search-gray
Otomotif1 Maret 2020 7:51

Nissan Indonesia Setop Pasokan March 2020, Hadirkan City Car Baru?

Konten Redaksi kumparan
Nissan Indonesia Setop Pasokan March 2020, Hadirkan City Car Baru? (72271)
Nissan March Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Nissan March tampaknya akan mengakhiri masa baktinya di Indonesia. Sebab, agen pemegang mereknya di Indonesia sudah tidak lagi memasok unit terbarunya ke dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Ini mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2020.
Bahkan diler yang masih menyediakan city car tersebut pun menjual model stok lawas, tahun produksi 2018. Nissan March merupakan mobil yang didatangkan secara utuh dari Thailand.
Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani pun akhirnya secara tersirat mengamini akan menyudahi kiprah March.
Nissan Indonesia Setop Pasokan March 2020, Hadirkan City Car Baru? (72272)
Nissan March. Foto: Istimewa
"Kami akan fokus ke depan pada model dan segmen yang jadi kekuatan Nissan seperti MPV dan SUV, juga memperkuat brand termasuk melalui elektrifikasi," sebutnya melalui pesan singkat kepada kumparan, Jumat (29/2).
March terakhir kali dipasok ke diler pada September 2019, Setelahnya sampai penghujung tahun dan awal 2020 belum ada tanda-tanda Nissan mendistribusikannya lagi.
ADVERTISEMENT
Sementara dari data impor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Nissan March terakhir masuk ke Tanah Air pada Februari hingga April 2018 sebanyak 493 unit.
Nissan Indonesia Setop Pasokan March 2020, Hadirkan City Car Baru? (72273)
Interior Nissan March Foto: dok. Istimewa
Lalu apakah ini sinyalemen PT NMI bakal mendatangkan city car terbaru buat menggantikan March? Mengingat sejak 2010 belum ada penyegaran besar pada mobil perkotaan tersebut.
"Belum ada rencana untuk mengeluarkan hatchback atau city car baru. Apakah ada yang baru atau tidak nanti ke depannya, kami akan terus mendengar suara konsumen dan pasar tentunya," lanjut Hana.
Padahal bila mengacu Nissan Thailand, di sana ada model Note yang merupakan mobil persilangan antara MPV dan hatchback. Ya mudahnya andai diniagakan di Indonesia jadi pesaing yang pas buat Honda Jazz maupun Toyota Yaris.
ADVERTISEMENT
Namun soal peluang hadirnya Nissan Note tersebut Hana belum bersedia menjawab, "Maaf tidak bisa berkomentar ya."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white