Otomotif
·
5 September 2020 17:03

Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota   (218123)
Nissan Kicks e-Power. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Nissan Kicks e-Power menyandang mobil hybrid termurah saat ini di Indonesia. Sebelumnya predikat tersebut dipegang Toyota Corolla Cross Hybrid.
ADVERTISEMENT
Harga Nissan Kicks e-Power Rp 449 juta, atau lebih rendah Rp 48,8 juta dengan banderol Toyota Corolla Cross Hybrid yang diniagakan Rp 497,8 juta.
Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengaku tak ingin ambil pusing. Menurutnya itu merupakan sesuatu yang biasa terjadi di persaingan industri. Namun intinya Anton menyambut positif kehadiran Nissan Kicks e-Power di peta persaingan mobil hybrid di Indonesia.
Saya rasa malah bagus ya semakin banyak produk hybrid yang masuk ke pasar. Artinya, hal itu bisa menambah pangsa pasar mobil elektrifikasi di tanah air," kata Anton kepada kumparan, Kamis (3/9) pagi.
Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota   (218124)
Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Lebih lanjut, Anton pun mengaku tidak terlalu khawatir akan hadirnya pesaing Corolla Cross Hybrid. Dirinya percaya diri produknya itu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.
"Sejauh ini respons masyarakat terhadap Corolla Cross cukup baik ya, bahkan lebih baik dari target yang kami harapkan," tambah Anton.
ADVERTISEMENT

Persaingan Nissan Kicks e-Power vs Toyota Corolla Cross hybrid

Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota   (218125)
Nissan Kicks e-Power. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hadirnya Nissan Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross Hybrid tentu membuat pilihan mobil hibrida di Indonesia semakin beragam. Sama-sama menyasar segmen compact SUV, keduanya ditawarkan dengan harga yang tak lebih dari Rp 500 juta.
Meski punya bentuk yang sama serta harga tidak terpaut jauh, keduanya dibekali teknologi yang berbeda.
Nissan Kicks e-Power hadir dengan mesin bensin berkode HR12 dengan kubikasi 1.198 cc 3 silinder. Mesin ini berguna sebagai generator untuk mengubah tenaga mesin menjadi daya listrik yang selanjutnya akan disuplai ke baterai untuk menggerakkan motor listrik.
Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota   (218126)
Layout mesin Nissan Kicks e-Power. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kombinasi mesin bensin dan motor listrik pada mobil Nissan itu menjanjikan tenaga 129 dk dan torsi puncak 260 Nm. Sistem transmisinya menggunakan e-CVT atau Single Speed Gear Reduction.
ADVERTISEMENT
Sementara pada Toyota Corolla Cross, hadir dengan mesin bensin berkode 2ZR-FXE yang punya kubikasi lebih besar, yakni 1.798cc 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i. Mesin bensin itu menghasilkan tenaga 96 dk dan torsi 142 Nm.
Nissan Kicks e-Power Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid, Ini Kata Toyota   (218127)
Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Mesin tersebut selanjutnya dikawinkan dengan motor listrik dan baterai nikel berdaya 1,31 kWh yang mampu memuntahkan tenaga 71 dk dan torsi 163 Nm.
Jadi, kira-kira mana ya yang akan lebih unggul, Nissan Kicks e-Power atau Toyota Corolla Cross Hybrid?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)