Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro

Nostalgia Mobil Balap Legendaris di Garasi

1 Juli 2022 11:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bagi Anda yang pernah menikmati balap mobil touring atau reli Indonesia pada era 1970an, 1980an sampai awal 1990an, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai mobil balap legendaris yang pernah bersaing di lintasan Sirkuit Ancol atau lintasan tanah.
Sebut saja Mazda RX-7, BMW E30 M3, Toyota Celica, Toyota Starlet KP47, Ford Escort Cosworth, Ford TX3 KF, Mazda 323 BF, Mitsubishi GTO Coupe, hingga Mitsubishi Galant VR4.
Nah, bagi Anda yang ingin bernostalgia mengenang dan melihat kembali beberapa mobil balap legendaris itu, bisa mengunjungi Indonesia Motorsport Heritage Museum Wanna Be milik Anthon Novianto ini.
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro  Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
“Saya memulai mengoleksi mobil balap retro sejak 2008. Saya sangat antusias untuk merawat sejarah dari garasi,” ucap Anthon kepada kumparanOTO beberapa waktu lalu.
Kehadiran museum motorsport ini, ditunjukkan Anthon untuk melestarikan sejarah sekaligus memberikan penghormatan yang layak bagi para mobil balap legendaris tersebut.
“Saya sih berpikir ya kalau sampai mobil itu misalnya terus nggak dipakai, dikanibal, diapain, atau diprotolin, kan sayang ya. Itu kan bagian dari sejarah motorsport kita, kalau saya ada rezeki saya inginlah mencoba melestarikan beberapa di sini yang menjadi bagian dari sejarah kita,” terang Anthon.
Anthon juga mengatakan dengan adanya museum ini, dirinya berharap agar para generasi muda yang mencintai otomotif khususnya motorsport bisa mengetahui bahwa balap mobil nasional di Indonesia pernah diisi oleh mobil-mobil balap legendaris.
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro  Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
“Saya rasa untuk dilestarikan secara sejarahnya menjadi sesuatu yang penting, terutama juga untuk generasi-generasi yang akan datang, bahwa dulu tuh ada lho mobil kaya gini, mobil seperti ini,” tambah Anthon.

Ada mobil balap touring, reli, hingga drag

Setidaknya ada 7 mobil balap touring, 9 mobil balap reli, dan 1 mobil balap drag yang terparkir di garasi ini. Dari mobil balap touring, Anthon memiliki koleksi beberapa Toyota Starlet KP47, Mazda RX-7, dan Toyota Corolla.
Lalu dari balap reli, koleksi Anthon didominasi oleh Mitsubishi Galant VR-4, dan ada juga Mazda 323 BF, Ford TX3 KF, serta Timor. Berikutnya dari balap drag, saat ini Anthon hanya memiliki 1 mobil, yaitu Holden Torana.
Dari masing-masing mobil balap itu, tentunya memiliki cerita dan prestasi tersendiri. Beberapa di antaranya, juga pernah dikendarai oleh para mantan pebalap nasional, seperti Tinton Soeprapto, Beng Soeswanto, hingga Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

Berbagai suka duka saat berburu

Untuk mendapatkan berbagai kepingan sejarah motorsport Indonesia ini, tentu bukan hal yang mudah, ada banyak tantangan yang harus dihadapkan Anthon dalam mendapatkan koleksinya itu.
“Dengan segala keterbatasan baik itu biaya dan networking ya saya pelan-pelan mencoba dan ketemu satu persatu mobil yang bersejarah,” jelas Anthon.
Dari berbagai koleksi yang ada, ada 1 kisah yang unik sekaligus mengenaskan ketika Anthon berburu mobil balap touring legendaris, Mazda RX-7.
“Ini Mazda RX-7 generasi pertama, cukup menarik dan ikonik, karena pada tahun 80an saat saya nonton di Ancol, dulu mobil itu warnanya pink. (Saat menemukan) posisinya waktu itu di Bandung di Lembang, kondisinya nggak ada roda dan diganjal tong. Pelan-pelan saya ngobrol dan bisa dapat, meskipun sampai sekarang ini never ending restoration,” ujar Anthon.
Ke depannya, Anthon berharap bisa terus menambah koleksi museumnya, termasuk menambah mobil balap dari jenis balapan lain, seperti Drag, Drift, dan Slalom.
“Saya sih lagi ada keinginan melengkapi yang bagian drag race, karena kan saya ada bagian museum yang drag race tapi baru 1 koleksinya. Dunia drag race di tahun 1990an kan cukup booming ya, dan banyak mobil-mobil yang sangat ikonik pada masa itu,” tutup Anthon.
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro  Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Anthon Novianto Kolektor Mobil Balap Retro Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
***
Anthon Novianto miris dengan perlakukan mobil-mobil bekas balap di Indonesia yang sering ditelantarkan dan berakhir di bengkel kampakan. Dengan modal pribadi, Ia memulai mengumpulkan sisa-sisa kejayaan balap Indonesia di garasi rumahnya.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten