kumparan
Otomotif4 Januari 2020 9:14

Ongkos Bersihkan Interior Mobil Akibat Banjir, Mulai dari Rp 1,5 Juta

Konten Redaksi kumparan
Interior mobil yang rusak akibat banjir
Interior mobil yang rusak akibat banjir Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Kondisi interior mobil yang basah dan rusak akibat banjir, bukan hal yang mudah untuk dibersihkan. Diperlukan keahlian khusus serta pemahaman dalam membongkarnya, agar tidak memperparah kerusakan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, bagi pemilik mobil yang ragu untuk membongkarnya sendiri, biasanya akan memilih menyerahkan penanganan pembersihan interior tersebut ke salon mobil.
Interior mobil yang rusak akibat banjir
Interior mobil yang rusak akibat banjir Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Alasannya, agar tidak membuang waktu serta mempercepat penanganannya.
Nah salah satu tempat perawatan kendaraan yang menawarkan pembersihan interior mobil pasca banjir, adalah Detailbox. Detailbox, yang berlokasi di Jakarta Selatan ini menerima pembersihan dan perbaikan interior untuk segala jenis dan merek mobil yang terendam banjir.
“Bisa untuk merek dan jenis mobil apa saja,” buka Galih, pemilik Detailbox kepada kumparan, Jumat (3/1) sore.
Adapun pembersihan interior yang ditawarkan meliputi jok, dashboard, plafon serta karpet. Bagi para pemilik mobil yang ingin membersihkan kembali bagian dalam mobilnya, maka siapkan budget berkisar Rp 1,5 hingga Rp 5 juta.
ADVERTISEMENT
“Tergantung pada ukuran mobil dan kondisi terendamnya. Semakin besar ukuran mobil dan semakin parah kerusakan interiornya, tentu akan lebih mahal,” beber Galih.
Ilustrasi Mobil Terendam Banjir
Ilustrasi Mobil Terendam Banjir Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Lanjut Galih, tarif tersebut hanya meliputi jasa pembersihan saja. Sementara bila diperlukan perbaikan di beberapa bagian, maka akan dikenakan biaya tambahan.
Untuk waktu pengerjaannya sendiri berkisar 4 hingga 14 hari, lagi-lagi bergantung pada ukuran dan kondisi kerusakan yang terjadi.
Mobil yang rusak terdampak banjir
Mobil yang rusak terdampak banjir di Jatiasih, Bekasi Foto: dok. Widya Murtaningtyas
Agar tidak memperparah kondisi kerusakan pada bagian interior, Galih pun mengimbau agar para pemilik mobil sesegera mungkin membawa mobilnya tersebut ke bengkel atau tempat perawatan mobil.
“Kalau didiamkan dahulu terlalu lama dan tidak langsung dikerjakan, justru akan banyak yang rusak dan lapuk seperti peredam di bawah karpet. Belum lagi potensi karat di mobil pun jadi lebih besar,” pungkas Galih.
ADVERTISEMENT
Detailbox Jl. MPR III Dalam, Cilandak 081291006200
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan