kumparan
22 Sep 2019 17:14 WIB

Paten Baru Motor 'Batman' dari Kawasaki

Kawasaki J Concept Foto: dok. Bikesrepublic
Perkembangan dan inovasi kendaraan tak sampai pada teknologi swa kemudi. Baru-baru ini dari laporan Bennetts, Kawasaki tengah menyiapkan sepeda motor baru dengan teknologi lengan ayun independen.
ADVERTISEMENT
Patennya pun sudah tersebar di media sosial. Dari bentuknya mirip seperti motor kebanyakan, tapi ada penyesuaian pada sektor kaki-kaki, handle bar dan cara kendalinya.
Paten motor konsep Kawasaki baru Foto: dok. Bennetts
Jadi seperti sistem suspensi independen pada SUV off-road, bannya tak hanya bergerak belok ke kanan dan kiri, melainkan juga bisa miring secara diagonal sebagai respons dari kerja sensornya. Mudah memahaminya seperti motor Batman.
Ini membuat kendali motor tidak lagi membelokan ban depan, tetapi dengan mencondongkan badan ke samping supaya distribusi bobot membantu arah lajunya.
Paten motor konsep Kawasaki baru Foto: dok. Bennetts
Maka ketika sensor mendeteksi ada pergeseran bobot, ban akan miring dengan sendirinya menyesuaikan kecepatan dan kemiringannya.
Namun tak cuma ban depan, ban belakang juga dipasangkan mekanisme supaya bisa bergerak seirama dengan ban depannya. Selebihnya mengacu gambar paten, sistem peredam kejut untuk depan dan belakangnya berupa shockbreaker dengan coil lover.
Paten motor konsep Kawasaki baru Foto: dok. Bennetts
Sementara handle bar-nya bukan lagi setang horizontal. Setang sengaja dibuat U terbalik dan si pengendaranya menggenggamnya secara vertikal guna menjaga posisi duduknya tetap ideal.
ADVERTISEMENT
Nah soal pengereman, posisi tuasnya berubah jadi tegak menyesuaikan bentuk setang barunya itu.
Bicara jantung mekanis, tidak ada mesin pembakaran internal. Guna menjawab tren global, Kawasaki bakal membenamkan baterai dan motor listrik di kedua rodanya sebagai penyuplai tenaga.
Kawasaki J Concept Foto: dok. Bikesrepublic
Paten ini sebenarnya merupakan bentuk restrukturisasi Kawasaki konsep J yang pada tahun 2013 sempat dipamerkan pabrikan pada gelaran Tokyo Motor Show. Lalu, kapan Kawasaki bakal merealisasikannya? Kita nantikan saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan