kumparan
28 Oktober 2019 9:21

Penjualan Lesu, Pasar Mobil Bekas Berharap Momen Liburan Akhir Tahun

Deretan mobil bekas di Mobil 88
Deretan mobil bekas di Mobil 88 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Lesunya penjualan mobil baru di tahun 2019 ini, rupanya turut berimbas pada penjualan mobil bekas. Tidak berbeda jauh dengan penjualan mobil baru, penjualan di pasar mobil bekas pun sepanjang tahun ini terbilang stagnan.
ADVERTISEMENT
Menurut Direktur Utama Mobil88, Halomoan Fischer, sepinya pasar mobil bekas tersebut, tentu tidak terlepas dari minimnya orang yang berganti mobil baru.
“Pasti saling berkaitan ya dan mobil bekas pasti terdampak. Karena walau bagaimana pun, pasar mobil bekas akan bergantung pada orang-orang yang ingin ganti mobil baru,” jelas Fischer saat dihubungi kumparan, beberapa waktu lalu.
Selain dipengaruhi oleh kondisi pasar mobil baru yang sepi, situasi politik yang sempat memanas beberapa waktu belakangan, dinilai juga turut memberikan dampak. Ya maklum saja, dengan situasi politik yang memanas beberapa waktu lalu, membuat sebagian besar orang cenderung menahan diri untuk berganti mobil.
Deretan mobil bekas di Mobil 88
Deretan mobil bekas di Mobil 88 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Fischer juga membeberkan di sepanjang tahun 2019 ini, penjualan mobil bekas di tempatnya hanya berkisar 1.500 hingga 1.700 unit per bulan. Angka tersebut dinilainya cenderung stagnan bila dibanding tahun lalu.
ADVERTISEMENT
“Penjualan sih tidak jauh berbeda ya dengan semester 1, masih stagnan di angka 1.500 hingga 1.700 unit per bulan,” ucap Fischer.
Meski hingga saat ini penjualan mobil masih cenderung belum bergairah, Fischer berharap agar momen liburan Natal dan Tahun Baru menjadi titik balik meningkatnya penjualan mobil di Indonesia.
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, momen liburan akhir tahun memang sering dimanfaatkan sebagian orang di Indonesia untuk berganti mobil baru.
“Harapannya iya akhir tahun meningkat, khususnya November. Karena di bulan itu, biasanya orang akan mulai banyak berganti mobil. Karena kan supaya bisa dipakai untuk liburan atau mudik di libur Natal dan Tahun Baru,” terang Fischer.
Mobil bekas di MGK
Mobil bekas di MGK Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Menyoal jenis mobilnya, segmen mobil LMPV diakui Fischer masih yang paling banyak diburu di pasar mobil bekas, terutama Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Disusul oleh segmen mobil LCGC, seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan