kumparan
19 Agustus 2019 18:21

Pilih Innova Baru atau Fortuner Bekas?

Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner
Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Foto: dok. Istimewa
Bagi Anda yang sedang berburu mobil 7 penumpang dengan budget Rp 300 jutaan, pilihannya memang sangatlah banyak. Ada yang berjenis MPV, dan ada juga yang berjenis SUV.
ADVERTISEMENT
Di antara beragam pilihan yang ada, nama Toyota Kijang Innova memang layak masuk daftar pilihan. Selain hadir dengan kapasitas 7 penumpang, harga baru dari Toyota Kijang Innova saat ini berada di kisaran Rp 300 jutaan.
Namun, bagi Anda yang menginginkan sebuah mobil dengan kelas di atas Kijang Innova, maka tak ada salahnya untuk melirik pasar mobil bekas. Dengan budget Rp 300 jutaan, Anda bisa mendapatkan sebuah Toyota Fortuner bekas kelahiran 2014-2015.
Secara kelas, Fortuner memang hadir untuk menyasar segmen Big SUV, sementara Kijang Innova menyasar segmen Medium MPV. Dan bagi Anda yang mungkin sedang bingung memilih diantara kedua mobil tersebut, berikut kumparan sajikan sekilas informasi dan spesifikasi dari kedua mobil tersebut.
ADVERTISEMENT
Toyota Kijang Innova baru
Toyota Innova
Toyota Innova Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Oke, mari kita mulai dari Kijang Innova yang berlabel mobil baru. Dari 10 varian yang ditawarkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM), varian termurah 2.0 G M/T bensin memang menjadi salah satu varian yang cukup banyak diminati.
Berdasarkan situs resmi TAM, Kijang Innova varian ini dibanderol dengan harga Rp 312 juta. Varian ini dibekali oleh Toyota dengan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter yang menjanjikan tenaga 137 dk dan torsi 183 Nm. Mesin tersebut selanjutnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.
Toyota Innova
Toyota Innova Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Menyoal fitur keselamatannya, Kijang Innova varian G ini hanya dibekali oleh fitur keselamatan Dual SRS Airbag dan sistem pengereman ABS serta EBD. Sementara untuk fitur hiburannya, Innova varian 2.0 G M/T ini dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci, yang dapat mengakomodir AUX, Bluetooth, SD Card, USB, dan Voice Command.
ADVERTISEMENT
Toyota Fortuner bekas
Selanjutnya untuk Fortuner bekas yang memiliki kisaran harga Rp 300 jutaan, maka Anda dapat mencari Fortuner produksi tahun 2014 atau 2015. Untuk pilihan variannya tersedia varian 2.5 Diesel M/T dan 2.5 Diesel A/T.
Toyota Fortuner bekas
Toyota Fortuner bekas Foto: dok. WTCM2
Berdasarkan beberapa situs jual beli mobil bekas, kedua varian tersebut ditawarkan dengan kisaran harga Rp 300 hingga Rp 320 jutaan tergantung pada kondisi mobil yang ada.
Bicara soal spesifikasinya, sebagai sebuah Big SUV tentu Fortuner memiliki dimensi yang cukup besar. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.705 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.850 mm.
Menyoal jantung mekanisnya, mesin diesel 2.5 liter dari Fortuner ini menjanjikan tenaga 158 dk dan torsi 243 Nm. Sementara untuk sistem transmisinya terdapat dua pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 4 percepatan dengan Super ECT.
ADVERTISEMENT
Tidak berbeda jauh dengan Innova baru, Fortuner produksi 2014-2015 ini juga hanya dibekali oleh beberapa fitur keselamatan dan keamanan, seperti Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, serta Immobilizer. Lalu untuk fitur hiburannya, mobil ini pada kondisi standarnya dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mampu mendukung beberapa fitur multimedia, Toyota Move dan sistem navigasi.
Interior Toyota Fortuner tahun 2015
Interior Toyota Fortuner tahun 2015 Foto: dok. Paultan
Dari kedua pilihan mobil yang ditawarkan di atas, memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Kijang Innova 2.0 G M/T bensin, memiliki kelebihan dalam hal kondisinya yang masih baru serta kenyamanan sebagai sebuah mobil keluarga.
Namun minusnya, mobil ini mungkin tidak setangguh seperti Fortuner yang dapat melintas di jalur semi offroad. Serta secara kelas, Innova memang berada sedikit di bawah dari Fortuner.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk Fortuner, memiliki kelebihan dalam hal ground clearance yang lebih tinggi, sehingga cukup aman untuk melintasi medan yang sedikit berat. Selain itu, Fortuner bermesin diesel saat ini juga cukup banyak diminati di pasar mobil bekas dan harga jual kembalinya juga bertahan cukup baik.
Kekurangannya, sebagai sebuah mobil bekas sudah tentu Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih unitnya. Perhatikan beberapa aspek dan komponen agar mendapatkan kondisi unit yang baik.
Apabila Anda kurang memahami hal apa saja yang perlu diperhatikan, maka Anda bisa juga membawa serta mekanik langganan Anda. Dan jangan lupa untuk menanyakan service record dari mobil tersebut.
Lantas, dari 2 pilihan mobil yang kumparan sajikan tersebut, mana yang akan Anda pilih?
ADVERTISEMENT