kumparan
26 Juli 2019 14:53

Pilihan Mobil Rp 150 Jutaan di GIIAS 2019

Daihatsu Sigra di GIIAS 2019
Daihatsu Sigra di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menjadi magnet para pecinta otomotif. Selain tempat untuk melihat perkembangan dunia otomotif, pameran tahunan ini pun jadi lokasi yang tepat bagi Anda yang tengah berburu mobil baru.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi Anda yang sedang berburu mobil baru dengan biaya Rp 150 jutaan, berikut kumparan sajikan 10 mobil yang perlu jadi pertimbangan.
  1. Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pilihan pertama yang layak Anda tengok adalah Daihatsu Ayla. Mobil perkotaan dari Daihatsu ini dibekali 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1.0 liter dan mesin bensin 1.2 liter.
Untuk mesin 1.0 liter menghasilkan tenaga 63 dk dan torsi 86 Nm. Sementara untuk yang mesin 1.2 liter, memiliki tenaga 86 dk dan torsi 108 Nm. Kedua mesin tersebut akan didukung oleh dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.
Untuk harganya sendiri, Ayla dibanderol mulai dari Rp 98 juta hingga Rp 134 jutaan untuk yang bermesin 1.0 liter. Sementara untuk mesin 1.2 liter, dibanderol mulai dari Rp 130 jutaan hingga Rp 151 jutaan.
ADVERTISEMENT
  1. Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selain Ayla, Daihatsu juga memiliki mobil yang memiliki harga Rp 150 jutaan ke bawah, yaitu Sigra. Berbeda dengan Ayla yang berkapasitas 5 penumpang, Sigra memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak yaitu 5+2.
Untuk pilihan mesinnya, Sigra juga memiliki 2 pilihan mesin yang sama seperti Ayla, yaitu, 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk mesin 1.0 liternya memiliki tenaga yang sedikit lebih besar dari Ayla yaitu 65 dk dan torsi 89 Nm, sementara untuk mesin 1.2 liternya memiliki output yang sama dengan yang tersemat pada Ayla.
Pilihan transmisi yang tersedia untuk Sigra ini juga sama persis dengan yang tersemat pada Ayla, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.
Menyoal harga, Daihatsu menjual Sigra bermesin 1.0 liter mulai dari harga Rp 114 hingga Rp 122,9 juta, sementara untuk varian mesin 1.2 liter, dijual dengan harga mulai dari Rp 132 hingga Rp 154 jutaan.
ADVERTISEMENT
  1. Datsun GO dan GO+ Panca
Datsun GO
Datsun GO Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dari jajaran merek Datsun, terdapat dua tipe mobil dijual dengan harga Rp 150 jutaan ke bawah. Kedua tipe mobil tersebut yaitu Datsun GO dan GO+ Panca. Kedua mobil ini sebenarnya adalah sama, hanya berbeda dalam hal kapasitas penumpangnya saja.
Untuk Datsun GO biasa memiliki kapasitas 5 penumpang, sementara untuk yang GO+ Panca memiliki kapasitas penumpang 5+2. Datsun GO dan GO+ Panca ini sama-sama dibekali dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.2 liter.
Datsun GO+ Panca
Datsun GO+ Panca Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Menariknya, mesin tersebut ternyata menghasilkan tenaga yang berbeda-beda tergantung jenis transmisi yang dipilih. Untuk transmisi manual 5 percepatan, menghasilkan tenaga 66 dk dan torsi 104 Nm. Sementara yang varian otomatik CVT menghasilkan tenaga yang sedikit lebih besar yaitu 78 dk dan dengan torsi yang sama yaitu 104 Nm.
ADVERTISEMENT
Untuk Datsun GO biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 107 juta hingga Rp 154 jutaan, sementara yang Datsun GO+ Panca, memiliki harga jual mulai dari Rp 115 juta hingga Rp 152 jutaan.
  1. Honda Brio
All New Honda Brio RS modifikasi, GIIAS 2019 (NOT COVER)
Mobil All New Honda Brio RS modifikasi di pameran GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang Selatan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Honda Brio tentunya juga layak masuk pilihan bagi Anda yang sedang mencari mobil dengan harga Rp 150 jutaan ke bawah. Sebagai mobil perkotaan tentu saja Brio hanya memiliki kapasitas kursi hingga 5 penumpang saja.
Brio dibekali mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter i-VTEC yang di atas kertas menghasilkan tenaga 88 dk dan torsi 110 Nm. Mesin tersebut akan dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.
Bagi Anda yang menginginkan Brio dan memiliki budget uang Rp 150 jutaan ke bawah, maka pilihlah tipe Brio E M/T yang dijual dengan harga Rp 148,5 juta atau Brio Satya S M/T yang dijual dengan harga RP 140 juta.
ADVERTISEMENT
  1. Renault Kwid
Renault Kwid Climber di GIIAS 2019
Renault Kwid Climber di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pada pilihan kelima terdapat merek Renault yang merupakan merek mobil asal Prancis. Hanya saja pada model yang memiliki harga Rp 150 jutaan ke bawah yaitu Kwid yang notabene-nya adalah kelahiran India.
Serupa dengan Brio dan Ayla, Kwid juga merupakan sebuah mobil perkotaan yang hanya berkapasitas 5 penumpang saja. Kwid mengusung mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.0 liter. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 66 dk dan torsi 91 Nm.
Kwid kini dibekali dengan 2 pilihan transmisi yaitu manual 5-percepatan dan otomatik AMT. Menariknya, untuk transmisi AMT nya bukan berupa kenop persneling pada umumnya, melainkan berupa kenop yang mirip dengan kenop pengaturan AC.
Renault Kwid Climber di GIIAS 2019
Renault Kwid Climber di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Maxindo Renault Indonesia membanderol Kwid dengan harga Rp 134 juta untuk varian manual biasa, Rp 143 juta untuk varian Icon manual dan Rp 155 juta untuk varian Climber AT.
ADVERTISEMENT
  1. Suzuki Ignis
Suzuki Ignis dan Karimun Wagon R di GIIAS 2019
Suzuki Ignis dan Karimun Wagon R di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selanjutnya pilihan mobil seharga Rp 150 jutaan tersedia dari merek Suzuki yang memiliki 2 model. Pada model pertama, yaitu terdapat Suzuki Ignis. Hanya saja, bagi Anda yang ingin membeli Ignis dengan budget Rp 150 jutaan, maka hanya ada 1 pilihan varian yaitu GL MT yang dibanderol Rp 157 juta.
Ignis sendiri juga merupakan mobil perkotaan yang hanya memiliki kapasitas kursi 5-penumpang. Ignis mengadopsi mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter yang di atas kertas menghasilkan tenaga 81 dk dan torsi 113 Nm. Mesin ini akan didukung oleh 2 pilihan transmisi yaitu manual 5-percepatan dan otomatik AGS.
  1. Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dari merek Suzuki lainnya terdapat Karimun Wagon R yang juga merupakan mobil perkotaan berkapasitas 5-penumpang. Wagon R dibekali mesin 3-silinder berkapasitas 1.0 liter yang mengeluarkan tenaga hingga 66 dk dan torsi 90 Nm.
ADVERTISEMENT
Serupa dengan Ignis, Karimun Wagon R juga memiliki dua pilihan sistem transmisi yaitu manual 5-percepatan dan otomatik AGS. Karimun Wagon R saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 126 juta untuk transmisi manual, hingga Rp 143 juta untuk transmisi otomatik AGS.
  1. Toyota Agya
Toyota Agya
Toyota Agya Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Jika ada Daihatsu Ayla, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan saudara kembarnya yaitu Toyota Agya. Serupa dengan Ayla, Agya juga memiliki 2 pilihan mesin yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter.
Hanya saja pada Agya 1.0 liter menggunakan mesin yang sama seperti yang digunakan oleh Sigra yang menghasilkan tenaga 65 dk dan torsi 89 Nm. Lalu untuk mesin 1.2 liternya, menghasilkan tenaga 86 dk dan torsi 108 Nm. Terdapat 2 pilihan transmisi pada Agya, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 4-percepatan.
ADVERTISEMENT
Untuk harganya, Agya dibanderol Rp 138 juta untuk varian bermesin 1.0 liter. Sedangkan untuk varian bermesin 1.2 liter dipatok harga mulai dari Rp 141 juta hingga Rp 158 juta.
  1. Toyota Calya
Toyota Calya
Toyota Calya Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selain memiliki Agya yang terlahir sebagai saudara kembar dari Ayla, Toyota juga memiliki Calya yang merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra. Serupa dengan Sigra, Calya juga memiliki kapasitas kursi 5+2.
Hanya saja, berbeda dengan Sigra yang punya 2 pilihan mesin, Calya hanya memiliki 1 pilihan mesin saja yaitu mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter yang menyemburkan tenaga 86 dk dan torsi 108 Nm.
Untuk harganya, Calya dijual oleh Toyota dengan harga mulai dari Rp 136 juta hingga Rp 156 jutaan.
ADVERTISEMENT
  1. Wuling Confero S
Wuling Confero S
Wuling Confero S Foto: dok. Wuling Motors
Satu nama terakhir ini sangatlah menarik, karena nama satu ini merupakan satu-satunya mobil low MPV yang memiliki dimensi besar dan memiliki harga Rp 150 jutaan. Meskipun harga tersebut hanya tersedia pada varian terbawah yaitu Confero S bertransmisi manual double blower.
Confero S menggunakan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.5 liter yang menjanjikan tenaga 107 dk dan torsi 142 Nm. Untuk transmisinya hanya tersedia manual 5 percepatan. Mobil asal negeri Tiongkok ini dijual dengan harga Rp 146,8 juta saja.
Jadi, pilih yang mana?