Otomotif
·
17 Mei 2020 3:24

Positif COVID-19, 1 Karyawan Daihatsu Indonesia Meninggal

Konten ini diproduksi oleh
Positif COVID-19, 1 Karyawan Daihatsu Indonesia Meninggal (8048)
Daihatsu di IIMS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengkonfirmasi satu karyawan di bagian produksi positif COVID-19, dan meninggal dunia pada 26 April 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Demikian seperti disampaikan Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, ketika ditanyakan kumparan, Sabtu (16/5) menjelang petang.
Namun, lanjut Amel, yang bersangkutan sudah menjalani work from home (WFH) sejak 20 Maret 2020, karena tergolong kriteria karyawan mudah terkena Covid-19, yaitu berumur 50 tahun dan memiliki riwayat penyakit kronis.
Positif COVID-19, 1 Karyawan Daihatsu Indonesia Meninggal (8049)
Ilustrasi pemakaman korban Corona. Foto: REUTERS/Bruno Kelly
"Sehingga dipastikan saat terkena --virus corona, yang bersangkutan sedang tidak berada di area Daihatsu," tuturnya.

Respons cepat

Amelia menambahkan, menyikapi kasus tersebut pihaknya langsung segera mengambil tindakan. Demi memastikan tidak ada penularan kepada karyawan lain, ADM melakukan tracing setiap karyawan, yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.
"Setelah itu semuanya dites dengan hasil semuanya negatif. Selain yang bersangkutan, sampai sekarang belum ada karyawan lain yang terindikasi positif Covid-19," kata Amel.
Positif COVID-19, 1 Karyawan Daihatsu Indonesia Meninggal (8050)
Ilustrasi produksi di pabrik Daihatsu Jepang. Foto: Nikkei
Sebelum kasus tersebut, ADM disebut sudah melakukan disinfeksi untuk semua area kerja secara regular, untuk memastikan kebersihannya.
ADVERTISEMENT
Kemudian sejalan dengan peraturan PSBB, ADM juga sudah menghentikan produksi mulai tanggal 10 April 2020.
"Karyawan adalah aset yang berharga bagi ADM. Karena itu, untuk seluruh area ADM, kami pastikan semua protokol pencegahan COVID-19 diterapkan, dan kami juga mengimbau untuk tetap menjaga kesehatan walaupun berada di luar kantor," ungkapnya.
Selain Daihatsu Indonesia, sebelumnya sudah mengemuka kabar soal dua karyawan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang positif corona, dan sedang menjalani isolasi di rumah sakit.
===
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.