Otomotif
·
9 Juni 2020 13:48

Prediksi Nasib Mobil Bekas Nissan di Indonesia Pasca Tutup Pabrik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Prediksi Nasib Mobil Bekas Nissan di Indonesia Pasca Tutup Pabrik (53729)
Ilustrasi Nissan Foto: dok. Japan Times
Harga mobil bekas Nissan diprediksi bakal anjlok setelah Nissan Motor.co LTD menyatakan pabriknya di Tanah Air resmi ditutup.
ADVERTISEMENT
Manajer Pemasaran Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih yang memperkirakan, harga mobil bekas Nissan akan bernasib sama dengan beberapa APM, yang sempat menarik diri dari pasar otomotif Indonesia.
"Berdasarkan pengalaman yang dulu sudah pasti turun (harganya). Kita ambil contoh seperti Ford, Mazda, Chevrolet dan banyak yang lain, konsumen takut sama ketersedian spare part nantinya," kata Herjanto saat dihubungi kumparan, Senin (8/6).
Seperti Ford yang menyatakan tak lagi berjualan di Tanah Air pada 2016 lalu menurutnya berimbas pada penurunan harga jual.
Kemudian Chevrolet yang dipegang oleh General Motor Indonesia (GMI) yang sudah tak lagi menjual mobil baru pada April 2020, juga akan membuat banderol bekasnya turun.
"Pabrik Nissan sudah tidak ada bukan konsumen tidak lagi percaya, tapi lebih membuat harganya terkoreksi," lanjut dia.
Prediksi Nasib Mobil Bekas Nissan di Indonesia Pasca Tutup Pabrik (53730)
Nissan X-Trail baru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Meski meyakini harga pasaran bekasnya akan turun, namun Herjanto belum bisa memprediksi berapa persen penurunannya. Sebab, sejak 3 bulan setelah penerapan PSBB seluruh kegiatan jual beli mobil bekas di Jakarta sementara ditutup. Bursa mobil bekas WTC baru akan buka per 15 Juni 2020.
ADVERTISEMENT
"Kondisinya ini kan lagi tidak normal membuat kacau balau penjualan mobil bekas. Belum bisa kasih prediksi pastinya, tapi dari pengalaman turun Rp 5-10 juta itu sudah pasti," paparnya.
Prediksi Nasib Mobil Bekas Nissan di Indonesia Pasca Tutup Pabrik (53731)
Kunjungan ke pabrik Nissan. Foto: dok. Nissan
Isu soal pabrik Nissan di Indonesia tak lagi memproduksi mobil sudah mencuat sejak November tahun lalu.
Saat itu, pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat disebutkan terakhir memproduksi mobil Nissan pada Januari 2019 dan merek Datsun di Januari 2020.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Saksikan video menarik di bawah ini: