kumparan
19 November 2019 7:34

Punya Dana Rp 150 Jutaan, Pilih Ertiga Bekas atau Sigra Baru?

Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga Foto: dok. Wikimedia
Akhir tahun biasanya jadi momen tepat buat memburu mobil baru. Selain dihadapkan diskon besar, bonus pembelian juga kerap dilancarkan wiraniaga pabrikan supaya bisa memenuhi target jualan.
ADVERTISEMENT
Tapi apa daya, kalau budget terbatas sekira Rp 150 jutaan, maka mobil bekas bisa jadi solusinya. Kalau Anda mengincar model Low MPV misalnya, bisa jatuhkan pilihan pada Ertiga facelift generasi pertama tipe GL tahun 2018.
Meski demikian, tetap ada merek yang menjual mobil barunya di kisaran harga itu. Sebut saja Daihatsu dengan Sigranya, apalagi pada tipe tertingginya yang diniagakan Rp 156,750 juta.
New Daihatsu Sigra
Beberapa unit test New Daihatsu Sigra terpakir di Stasiun Kereta Api Bandung. Foto: Daihatsu
Apabila keduanya jadi incaran, tentu menarik kalau dikomparasikan. Berikut ini ulasan khasnya dari kumparan.
Ertiga unggul di akomodasi
Secara akomodasi, keduanya bisa diandalkan buat angkut 7-penumpang. Namun perlu diperhatikan bila memboyong Sigra. Dimensi dan kelapangan kabinnya tidak seluas Ertiga yang punya ukuran yang lebih besar.
Mobil bekas
Suzuki Ertiga bekas Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Tak cuma itu, apabila digunakan untuk mengangkut barang, Ertiga pun lebih unggul karena jok baris belakang bisa dilipat rata lantai.
ADVERTISEMENT
Selengkapnya dari dimensi, Ertiga punya panjang 4.265 mm, lebar 1.685 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sigra punya dimensi: panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm.
New Daihatsu Sigra
New Daihatsu Sigra sedang diuji di jalanan menanjak. Foto: Daihatsu
Beda performa mesin
Lanjut soal dapur pacu mobil, Ertiga generasi pertama yang dimaksud masih mengandalkan mesin K14B 1.373 cc dengan tenaga 93 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di putaran 4.000 rpm.
Proses Produksi New Suzuki Ertiga
Proses Produksi New Suzuki Ertiga Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Sementara Sigra dibekali mesin 3NR-VE berkubikasi 1.197 cc yang memproduksi tenaga 86 dk di 6.000 rpm, juga torsi maksimum 108 Nm di 4.200 rpm.
Layout mesin Daihatsu Sigra facelift
Layout mesin Daihatsu Sigra facelift Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bagaimana? Antara 1.400 cc dan 1.200 cc. Kalau ini tergantung selera dan kebutuhan Anda. Tentu kalau mau larinya lebih bertenaga bisa pilih Ertiga, atau kalau lebih digunakan santai bisa utamakan Sigra.
ADVERTISEMENT
Fitur lebih banyak Sigra
Oke beralih ke fitur, Sigra nampaknya bisa jauh lebih unggul, karena sudah dilengkapi: rem ABS, dual airbags, dan sabuk keselamatan 3-titik sampai baris kedua.
Daihatsu Sigra facelift
Model kisi-kisi AC circulator pada Daihatsu Sigra facelift Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sedangkan kalau bicara fitur pemanja sudah terdiri dari pengaturan ketinggian jok pengemudi, air circulator, head unit layar sentuh, dan power outlet yang bisa dijangkau hingga penumpang tengah.
Sedangkan Ertiga GL lawas, belum dilengkapi ABS tapi sudah ada airbags, dan sabuk keselamatan 3-titik semua baris yang dilengkapi headrest.
Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Kalau pemanja terbilang minus karena belum ada head unit layar sentuh, tapi sudah ditambah AC double blower dan power outlet di konsol tengah.
Unsur kebaruan Sigra unggul
Terakhir bicara unsur kebaruan, jelas Sigra juaranya. Dari tampilannya pun sudah bisa terlihat, apalagi lampu utamanya sudah LED, kemudian ditambah sensor parkir depan dan belakang, serta velg 14 inci model baru.
Daihatsu Sigra facelift
Daihatsu Sigra facelift Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Adapun Ertiga, sensor parkirnya hanya belakang saja dan belum dibubuhi kamera mundur. Oh iya kalau ukuran velg, Ertiga disematkan velg 15 inci warna silver palang 10 yang kelihatannya kurang modern.
ADVERTISEMENT
Jadi pilih mobil yang mana, Suzuki Ertiga bekas atau Daihatsu Sigra terbaru?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan