Otomotif
·
14 Juli 2020 18:29

Rantis Maung yang Dikendarai Prabowo akan Ada Versi Sipil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rantis Maung yang Dikendarai Prabowo akan Ada Versi Sipil (5338)
Rantis Maung, kendaraan militer buatan PT Pindad. Foto: Pindad
Rantis Maung kendaraan militer baru garapan PT.Pindad (persero) sudah di coba langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mobil ini pun menuai respons positif dari masyarakat.
ADVERTISEMENT
Dari tampilan, mobil berpenggerak 4x4 ini punya kemiripan dengan Humvee, mobil militer Amerika Serikat. Nah, pertanyaannya, apakah mobil militer ini bisa dibeli oleh warga sipil?
Rantis Maung yang Dikendarai Prabowo akan Ada Versi Sipil (5339)
Kendaraan Rantis 4X4 'Maung' buatan PT. Pindad. Foto: Instagram/@alutsista.indonesia
Manager Humas PT. Pindad, Komarudin mengatakan kemungkinan menjual rantis Maung versi massal bisa saja terjadi dengan beberapa pertimbangan perusahaan.
"Fokus untuk sekarang ini adalah memenuhi kendaraan taktis kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kementerian Pertahanan. Ke depan tidak menutup kemungkinan ada versi untuk sipilnya," katanya kepada kumparan, Selasa (14/3).
Setidaknya PT Pindad punya 14 model kendaraan taktis (Rantis) dan juga memproduksi kendaraan militer lainnya. Namun, semua model tersebut dikatakan Komarudin belum ada yang dijual dalam versi sipil.
"Belum sampai ke sana, intinya kita masih fokus pemenuhan untuk TNI lewat Kemhan," kata dia lagi.
ADVERTISEMENT

Prediksi Rantis Maung versi sipil

Rantis Maung yang Dikendarai Prabowo akan Ada Versi Sipil (5340)
Kendaraan Rantis 4X4 'Maung' buatan PT. Pindad. Foto: Instagram/@alutsista.indonesia
Jika nantinya Rantis Maung dijual dalam versi sipil kemungkinan ada beberapa perbedaan dengan versi militer.
Komarudin menyebutkan, Maung versi tempur dilengkapi dengan bracket atau dudukan senjata 7,62 mm, konsol SS2-V5, perangkat GPS navigasi, tracker kendaraan, dan perlengkapan tempur lainnya.
Rantis Maung yang Dikendarai Prabowo akan Ada Versi Sipil (5341)
Rantis Maung, kendaraan militer buatan PT Pindad. Foto: Pindad
Nah kemungkinan perlengkapan tersebut tak akan disematkan pada versi sipil. Sayangnya Komarudin enggan berbicara lebih banyak, dia juga belum mengkonfirmasi harga pasti dari Rantis Maung yang dipesan oleh Prabowo Subianto.
Menyoal spesifikasi, Rantis Maung dipersenjatai mesin 2.400 cc diesel 4-silinder Turbocharger. Tenaga maksimalnya menyentuh 149 daya kuda dan torsi mencapai 400 Nm. Output mesin tersebut disalurkan lewat transmisi manual 6-percepatan. Mesin serupa seperti yang digunakan pada Toyota Hilux.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)