Otomotif
·
18 Oktober 2020 15:40

Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8922)
Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva karya Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Dunia modifikasi mobil Indonesia terus menunjukkan eksistensinya di pasar internasional. Setelah sebelumnya hadir merek body kit Karma yang dipenggawai Kiki Anugraha, kini modifikator lokal lainnya, Jacki, atau yang lebih dikenal Pengepul Mobil, juga menghadirkan widebody kit untuk Honda Civic Nouva.
ADVERTISEMENT
Diperkenalkan pertama kali pada ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, widebody kit ini juga mengincar pasar internasional. Dalam perancangan desainnya, Jacki berkolaborasi dengan modifikator asal Indonesia, Musa Tjahjono, yang kini menjadi Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs, di California, Amerika Serikat.
"Saya merasa senang bisa berkolaborasi dengan Musa Tjahjono. Karena biasanya dia membuat konsep desain untuk artis-artis film Hollywood, namun kali ini bisa mendesain untuk mobil ini," jelas Jacki seperti dalam rilis yang kumparan terima.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8923)
Jacki Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Pemilihan Honda Civic Nouva sebagai bahan widebody kit tersebut, tentu bukan tanpa sebab. Bentuknya yang ikonik sebagai salah satu hatchback retro, dirasa Musa sangat potensial untuk dijadikan bahan modifikasi.
"Kami melihat Civic Nouva adalah salah satu model hatchback Honda yang terlupakan sejak ada Civic Estilo. Karena itu, kami pun mau membuktikan dengan widebody kit ini Civic Nouva bisa tampil keren juga," jelas Musa yang merupakan lulusan Art Center College Design of Pasadena di California, Amerika Serikat.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8924)
Musa Tjahjono, desainer Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva. Foto: dok. IMX
Selain itu, pria asal Surabaya itu juga menjelaskan, bahwa Civic berkode bodi EF itu sebenarnya memiliki konstruksi yang sangat berkualitas, baik itu dalam hal desain, bobot yang ringan, serta kaki-kaki yang tangguh.
ADVERTISEMENT
Tak heran, selain cocok untuk bahan modifikasi, Civic Nouva juga banyak dimanfaatkan sebagai mobil balap, khususnya balap touring.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8925)
Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva karya Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Menyoal konsep desainnya, kata Musa, dirinya terinspirasi dari mobil-mobil balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters), sebuah ajang balap mobil touring legendaris di Jerman.
"Saya berpikir kalau mobil DTM punya body kit dengan garis-garis tegas yang juga bisa diterapkan ke Civic Nouva yang punya bentuk kotak, supaya aerodinamikanya meningkat," beber Musa.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8926)
Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva karya Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Dalam proses penggarapannya, widebody kit untuk Civic Nouva ini digarap di Indonesia dengan menggunakan teknologi 3D printing. Penggunaan teknologi 3D printing itu, diklaim akan jauh lebih unggul dalam hal kepresisian dan waktu pengerjaan yang lebih singkat.
Terbukti dalam pembuatan seluruh widebody kit untuk Civic Nouva tersebut, Jacki dan Musa hanya membutuhkan waktu 1 bulan pengerjaan.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8927)
Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva karya Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Nantinya setelah peluncuran ini, widebody kit garapan Jacki Pengepul Mobil dan Musa tersebut, dapat dipesan oleh masyarakat luas, baik itu di dalam negeri atau luar negeri.
ADVERTISEMENT

Harga Widebody Kit Honda Civic Nouva

Bagi Anda yang berminat, bisa langsung menghubungi akun Instagram Pengepul Mobil melalui direct message. Adapun, biaya yang harus disiapkan, yakni sebesar Rp 2.500 US Dollar atau setara Rp 36,9 juta.
Satu Lagi, Body Kit Mobil Asal Indonesia yang Siap Mendunia (8928)
Widebody Kit untuk Honda Civic Nouva karya Pengepul Mobil. Foto: dok. IMX
Dengan harga segitu, Anda akan mendapatkan widebody kit lengkap yang terdiri dari, bumper depan, lips bumper depan, widebody pada fender samping depan dan belakang, side skirt, serta bumper belakang dan diffuser.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)