kumparan
18 Feb 2019 13:54 WIB

Selain Livina, Honda Mobilio 'Facelift' Juga Dirilis Pekan Ini

Honda Mobilio Foto: Dok. HPM
Pertarungan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) bakal makin seru. Bukan cuma Nissan Livina baru yang dibangun berbasis Xpander yang meluncur, Honda Mobilio facelift pun bakal dirilis pekan ini.
ADVERTISEMENT
Ya, indikasi ini didasarkan pada sebuah undangan yang masuk ke redaksi kumparanOTO. Di situ, jenama Jepang tersebut menyebutkan soal peluncuran dua produk baru-- satu di antaranya kemungkinan adalah Mobilio facelift.
Berdasarkan penelusuran di lapangan, sejumlah tenaga penjual Honda mengamini bahwa suplai Mobilio, untuk unit produksi tahun 2019 tak kunjung dikirim. Hingga Februari, mereka pun hanya menjual unit 2018.
“Untuk Mobilio belum dikirim lagi. Sementara untuk model year 2019 akan dikirim kemungkinan bulan Maret, ya itu adalah unit minor change,” bebernya.
Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, enggan menyinggung soal produk baru yang meluncur pada Kamis, 21 Februari 2019. Pun ketika disodor pertanyaan terkait peluan hadirnya Mobilio baru.
ADVERTISEMENT
“Belum ada ke arah sana, nanti kalau ada kami kasih tahu,” jawabnya.
“Ini kan bukan tahun pertama, dan kita juga tahu bahwa mobil baru itu tidak setahun ganti model full model change. Kami sudah tahu kita sudah empat tahun, tapi memang ada beberapa konsumen yang menunggu dan sebagainya. Kami punya strategi tertentu dan strategi ke depan yang mungkin kita belum bisa bicarakan saat ini,” ia menambahkan.
Pangsa pasar LMPV di Indonesia 2018 (diolah dari data Gaikindo). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mobilio pada 2018 lalu hanya memperoleh 24.373 unit, dan terkoreksi cukup dalam mencapai -31,21 persen dibanding perolehan 2017.
Soal peringkatnya sendiri, Mobilio terlempar dari posisi tiga besar, di mana saat ini berada di rangking kelima setelah Avanza, Xpander, Ertiga dan Xenia. Pangsa pasarnya pada 2018 kemarin hanya 9,41 persen.
ADVERTISEMENT
Jadi memang jadi waktu yang tepat, kalau Honda akhirnya hadirkan minor change atau facelift pada Mobilio, mengingat beberapa model LMPV baru sudah meluncur di awal 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan