Otomotif
·
26 Mei 2020 8:02

Setir Mobil Muncul Suara Aneh, Coba Cek Komponen Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Setir Mobil Muncul Suara Aneh, Coba Cek Komponen Ini (736149)
Dashboard Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pernahkah mobil Anda muncul suara aneh ketika ketika melewati jalanan bergelombang? Jika iya, kemungkinannya ada permasalahan ada pada bagian kontrol kemudi atau rack steer.
ADVERTISEMENT
Purnama Sembiring dari bengkel Milala -spesialis kaki-kaki dan power steering- di bilangan Jakarta mengatakan, kerusakan rack steer terjadi bermula karena robeknya karet boot roda.
Setir Mobil Muncul Suara Aneh, Coba Cek Komponen Ini (736150)
Ilustrasi rack steer mobil alami kebocoran. Foto: dok. Istimewa
"Begitu dia bocor, peluang masuknya kotoran dari luar itu besar. Kotoran seperti debu atau lumpur itu akan menempel pada bagian gigi penghubung yang ada olinya," kata Purnama saat dihubungi kumparan, Minggu (24/5).
Akhirnya, lanjut Purnama, potensi gerakan gigi yang bersinggungan pasti terjadi dan lambat laun akan merusak as rack steer, pinion, dan gigi rack steer-nya.
Setir Mobil Muncul Suara Aneh, Coba Cek Komponen Ini (736151)
Ilustrasi rack steer mobil alami kebocoran. Foto: dok. Istimewa
Umumnya, bunyi yang muncul jika rack steer bermasalah seperti suara besi beradu. Selain mengganggu kenyamanan berkendara, jika dibiarkan berlarut bisa saja membahayakan pengemudinya.
"Kerusakannya bisa merambat, jika kerusakan juga terjadi rack kolom setir akan terasa berat," paparnya.
ADVERTISEMENT
Nah, khusus yang menggunakan sistem power steering elektrik (EPS), gejala kerusakan bisa dianalisa dari sensor baca gerak yang menjadi tidak akurat. Atau tidak, kata Purnama juga bisa dideteksi dari munculnya bunyi besi beradu ketika melewati jalan keriting.
"Sebaiknya jika sudah merasa setir tidak enak, dan muncul suara aneh segera bawa ke bengkel. Jangan menunggu karena bisa memperparah," timpal dia.
Setir Mobil Muncul Suara Aneh, Coba Cek Komponen Ini (736152)
Ilustrasi rack steer mobil. Foto: dok. Istimewa
Bila sudah terjadi kerusakan, memperbaikinya terbilang cukup mahal. Sebab, pabrikan menjualnya secara utuh alias tak diketeng. Sebagai contoh, untuk, untuk mengganti komponen rack steer hidrolik mobil MPV dibanderol kisaran 3-4 jutaan.
"Jika kerusakan tidak parah, masih bisa diperbaiki (rekondisi). Umumnya konsumen yang ke sini semua bisa diservis baik itu tipe hidrolik maupun elektrik. Untuk harga tergantung model mulai Rp 900 ribu sampai 1,5 jutaan," jelasnya.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.