Otomotif
·
24 Februari 2020 15:12

Siapa Minat Yamaha F1ZR Langka, Harganya Rp 13 Juta Saja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Siapa Minat Yamaha F1ZR Langka, Harganya Rp 13 Juta Saja  (109835)
Tampilan samping Yamaha F1ZR Millenium Foto: dok. Irfan Rizki
Sepeda motor 2-tak rupanya masih punya tempat. Tak cuma Yamaha RX King, yang melegenda, sejumlah model termasuk Yamaha F1ZR pun kini punya harga yang cukup lumayan.
ADVERTISEMENT
Biasanya, sepeda motor yang mengalami penurunan harga jual seiring waktu, motor-motor tersebut justru terbalik. Sebab, motor ini menjadi incaran para kolektor dan pehobi motor lawas.
Salah satunya adalah Irfan Rizki, pemilik Yamaha F1ZR lansiran 2002. Kepada kumparan, pria ini menceritakan mengenai seluk beluk motor tersebut.
"Tangan pertama sih motornya, dulunya yang pakai itu abang gue. Tapi beberapa tahun lalu gue yang rawat dan didandani dikit-dikit lah," kata Irfan saat berbincang dengan kumparan.
Siapa Minat Yamaha F1ZR Langka, Harganya Rp 13 Juta Saja  (109836)
Tampilan depan Yamaha F1ZR Millenium Foto: dok. Irfan Rizki
Yamaha F1ZR kepunyaan Irfan boleh dibilang masuk kategori langka. Ya, tipenya sering disebut sebagai 'Millenium'. Pada zaman itu, jika tertarik membeli F1ZR Millenium harus rela bersabar karena proses inden. Nah, hal itu yang membuat populasinya sedikit di jalanan.
ADVERTISEMENT
Selama 19 tahun digunakan, Irfan mengatakan tak pernah mengalami masalah pada sektor mesin. Motornya masih bisa diandalkan khususnya dari sektor performa. F1ZR memang terkenal 'buas' untuk putaran mesin bawah. Jadi jangan heran kalau torsinya memang selalu tersedia.
"Karburator, CDI, dan koil saja masih orisinil, mesin semua orisinil dan masih sehat sampai sekarang. Dan menurut gue, mesin standarnya sudah cukup buat 'nyodok-nyodok' kemacetan di Jakarta." ucapnya sambil tertawa kecil.
Menyoal restorasi, Irfan melakukan ubahan pada bagian kaki-kaki seperti velg dan suspensi. Karena bodi lawas sudah alami banyak goresan, ia coba mengecat ulang dengan kelir dan livery khas F1ZR Milenium yakni kuning. Selebihnya, untuk meningkatkan performa ia juga mengganti saluran gas buang.
ADVERTISEMENT
"Velg depan belakang pakai aftermarket RCB, bannya IRC, suspensi belakang KYB, dan suspensi depan masih orisinil," tuturnya
Sayang karena terbentur kebutuhan, Irfan harus merelakan motornya untuk dijual. Tak butuh waktu lama motornya pun dipinang oleh pemilik yang baru.
"Sebenarnya sudah niat jual dari satu bulan lalu, jual santai. Milenium kan pasarannya Rp 15 juta. Karena malas nunggu, turun jadi Rp 13 juta posting tadi sore, eh baru banget laku tadi," katanya.
Siapa Minat Yamaha F1ZR Langka, Harganya Rp 13 Juta Saja  (109837)
Tampilan samping Yamaha F1ZR Millenium Foto: dok. Irfan Rizki
Meski begitu, Irfan mengaku sesegera mungkin untuk memiliki dan merawat kembali Yamaha FIZR. Namun rencananya ia akan membeli Yamaha F1ZR lansiran 2000.
"Jujur ya pas jualnya bete banget, tapi sudah punya rencana buat beli yang tahun 2000," katanya.
ADVERTISEMENT
Untuk urusan komponen sebetulnya bisa dicari di Yamaha parts katalog. Buat dia part Yamaha F1ZR sama seperti Yamaha umumnya, tidak terlalu mahal dan masih mudah dicari.
Gimana, tertarik enggak dengan Yamaha F1ZR Milenium ini?