kumparan
19 Februari 2019 9:05

Soal Pamor Honda Mobilio yang Meredup

Honda Mobilio
Honda Mobilio Foto: Dok. PT HPM
PT Honda Prospect Motor (HPM) harus rela menelan pil pahit lantaran Mobilio penjualannya terus menurun. Bahkan data wholesales melorot 31,21 persen, menjadi 24.373 unit saja pada tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Nyatanya, bila melihat di awal produk LMPV Honda ini muncul di 2014, dari catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) perolehannya mencapai 79.288 unit. Walaupun memang pada tahun berikutnya, angkanya menurun menjadi 42.932 unit.
Data penjualan Honda Mobilio
Data penjualan Honda Mobilio Foto: Sumber data: Gaikindo
Meski begitu, pada dua tahun berturut-turut itu, Honda berhasil berada di posisi kedua terlaris di segmen paling gemuk di dalam negeri itu, dan menggeser Xenia.
Sayangnya, Honda tak bisa mengerem longsornya penjualan Mobilio yang kembali terjadi di 2016 dan 2017, yang hanya mencapai masing-masing 39.482 unit dan 35.430 unit. Sampai puncaknya pada 2018 lalu, Mobilio mencapai titik terendah dengan hanya terjual 24.373 unit.
Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio
Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio Bekas Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Melihat fakta data tersebut, lalu kapan Mobilio mau dibangkitkan kembali dari keterpurukan? Apakah posisi runner up bisa dicapai kembali?
ADVERTISEMENT
Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT HPM, optimistis Mobilio bisa kembali pada performa terbaik.
“Suatu hari akan ke sana lagi (ke posisi atas). Karena tidak semua produk sukses. Ada satu dua, kadang ada satu tahun launching 15 produk dari semua merek dan ada satu yang berhasil dan itu tentunya baik buat produsennya. Begitu juga Mobilio kala itu,” ujar Jonfis.
otomotif, honda, honda mobilio, LMPV
Pangsa pasar LMPV di Indonesia 2018 (diolah dari data Gaikindo). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Dorong Diskon dan Servis Gratis

Jonfis menambahkan, dirinya menganggap Mobilio memiliki harga jual baru yang lumayan rendah saat ini dan ditambah dengan dorongan insentif (diskon) serta program lain yang dilancarkan lagi.
Tak hanya itu, Honda pun menawarkan program bebas servis kepada konsumen hingga 50.000 km.
ADVERTISEMENT
“Otomatis tidak usah khawatir soal maintenance. Mobilio dalm hal bensin bisa dibilang yang terbaik di kelasnya (irit). Jadi konsumen nasional ini yang mempertimbangkan value for money-nya ya mereka akan membeli,” ungkap Jonfis.
Sementara itu, berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi kumparanOTO, Honda disinyalir bakal meluncurkan Mobilio edisi penyegaran. Lantas, apakah model facelift ini mampu mengangkat pamornya lagi? Menarik untuk ditunggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan