Otomotif
·
12 Januari 2021 12:35

Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27345)
Perawatan pada bodi dan kaca mobil. Foto: dok Suzuki
Belum banyak yang tahu, kaca mobil yang terpasang pada sisi depan dan samping ternyata berbeda jenisnya. Salah satunya punya kualitas seperti pada kaca telepon pintar.
ADVERTISEMENT
Kaca tersebut dinamakan temperlite. Dan bisa Anda temukan umumnya pada sisi kanan atau kiri bawah kaca mobil.
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27346)
Jenis kaca mobil temperlite. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Firman, Penggawa spesialis reparasi kaca mobil Mitra Glass Jakarta menjelaskan, kaca temperlite atau tempered glass memiliki kekuatan yang tinggi sehingga relatif susah dipecahkan.
"Karena sebenarnya temperlite itu dari kaca biasa yang diperkeras, lalu dipanaskan sampai 700 derajat celsius, kemudian langsung didinginkan sehingga menjadi kuat," ujar Firman kepada kumparan akhir pekan lalu.
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27347)
Kaca mobil pecah usai insiden penembakan yang terjadi di masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru. Foto: Reuters
Namun bila kaca temperlite sudah tertembus benda tajam, kaca akan mudah pecah menjadi serpihan kecil. Firman menyebutnya sebagai pecah jagung.
Karena itu jenis ini digunakan pada kaca samping atau belakang mobil. Sehingga ketika pecah akibat benturan dari depan, serpihannya tidak mengenai muka secara langsung.
ADVERTISEMENT
Jangan heran jika dalam beberapa kasus ditemukan modus pencurian barang berharga di mobil. Para komplotan sering memecahkan kaca samping atau belakang lantaran mudah dipecahkan.
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27348)
Jenis kaca mobil lamisafe. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Kedua adalah kaca lamisafe, atau laminated glass. Sederhananya adalah dua kaca yang ditempelkan atau dilaminasi dengan lapisan film (polyvinyl butyral film) pada bagian tengahnya. Benefitnya adalah jenis kaca ini bisa menahan sinar ultraviolet hingga 96 persen.
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27349)
Ilustrasi kaca lamisafe. dok. amfg.co.id
"Sebenarnya sama-sama kuat. Tapi kaca lamisafe lebih aman, karena pecahannya enggak langsung ambyar merambat gitu lah karena tertahan lapisan film. Makanya ideal buat kaca depan mobil," pungkas Firman.
Selain itu apabila terkena benturan, kaca lamisafe keseluruhannya tidak mudah retak dan pecah. Artinya hanya bagian yang terkena benturan yang pecah.
"Makanya kalau saya bilang lebih aman karena umpama kena benturan, masih ada area di kaca yang bisa digunakan buat melihat ke depan. Kaca lamisafe itu retaknya enggak langsung menyebar," imbuhnya.
Sudah Tahu, Kaca Mobil Depan dan Samping Beda Jenisnya? (27350)
Kaca depan mobil milik Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu Febri Yurdiman usai dilempari batu oleh orang tak dikenal. Foto: Ho-dokumen pribadi Febri Yurdiman/ANTARA
Oleh karena itu, kaca lamisafe atau juga dikenal dengan kaca zonelite maupun sekurit, lebih diaplikasikan pada kaca depan mobil. Sehingga penumpang maupun pengemudi terhindar dari luka serius terkena pecahan kaca.
ADVERTISEMENT