kumparan
19 Februari 2020 9:01

Suzuki Carry Rajai Segmen Pikap Ringan di Januari 2020

Suzuki Carry terbaru
Suzuki Carry terbaru Foto: dok. SIS
Suzuki Carry pikap berhasil menorehkan angka penjualan di Januari 2020 sebanyak 5.700 unit. Perolehan tersebut melampaui rival sengitnya Daihatsu Gran Max, yang hanya mencapai 2.920 unit saja di awal tahun ini.
ADVERTISEMENT
PT Suzuki Indomobil Sales menyebut, hasil tersebut menempatkannya sebagai pikap terlaris Januari 2020 dengan mengantongi market share 64 persen.
"Penjualan Suzuki Carry tahun 2018 menyumbang market share 49 persen. Jadi memang dari dulu nomor satu kami sebut (Carry) rajanya pikap. Tahun 2019 naik menjadi 57 persen. Kemudian Januari 2020 naik lagi 64 persen," kata Sales Director 4 Wheel PT SIS, Makmur, belum lama ini.
Makmur menjelaskan, hasil yang dicapainya tersebut di luar harapan. Pasalnya, Suzuki Indonesia hanya menargetkan penjualan retail sebesar 5.000 unit saja.
Bila melongok data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Carry dari pabrik ke diler sepanjang 2019 mencapai 52.694 unit. Sedangkan pada tahun sebelumnya sebesar 39.043‬ unit, artinya ada peningkatan sampai 34,96 persen.
ADVERTISEMENT
"Kami juga mengerti segmen pikap salah satu kontributor terbesar kami di Suzuki, dan sejalan untuk kemajuan Indonesia di sektor bisnis UMKM serta level bawahnya. Terlebih pasarnya memang diterima dengan baik," ujar Makmur.
Pasar Carry sendiri, menurut Makmur, masih didominasi penjualan fleet di sektor bisnis korporasi. Ia pun masih yakin, tahun ini proyeksi pasar pikap secara nasional tetap menunjukkan atmosfer yang positif.
"Mobil Carry pickup ini kan cocok untuk bisnis kecil dan menjawab kebutuhan mereka, harganya terjangkau, program kredit juga ramah dari angsuran dan uang mukanya, dan juga purnajualnya cukup irit," singgungnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan