kumparan
31 Oktober 2019 15:18

Suzuki 'Ertiga Crossover' XL7 Belum Bisa Dipesan

Suzuki Ertiga Sport
Suzuki Ertiga Sport Foto: Muhammad Ikbal
Tak cuma Mitsubishi yang sibuk dengan persiapan varian baru Xpander. Suzuki juga direpotkan dengan hal yang sama untuk merilis XL7, varian baru Ertiga berpenampilan crossover.
ADVERTISEMENT
Karena punya wujud crossover, yang juga turunan dari mobil SUV, nantinya XL7 juga akan meramaikan segmen Low SUV Tanah Air, yang sudah diisi Honda BR-V, Toyota Rush, maupun Daihatsu Terios.
Sumber kumparan menyebut varian baru Ertiga bernama XL7 akan meluncur awal 2020. "Nanti di Januari akan ada varian baru Suzuki Ertiga, XL7, bukan XL6 yang ada di India," beber sumber.
Suzuki XL6
Suzuki XL6 Foto: dok. Istimewa
Katanya lagi diferensiasi ini dibuat sesuai kebutuhan pasar. Mengingat seluruh model Low SUV punya 3-baris. "XL7 kursinya tetap 7-penumpang. Bentuk luarnya hampir sama."
Lalu selayaknya mobil baru yang akan meluncur, apakah unitnya sudah bisa dipesan?
Menjawab ini, mayoritas dari beberapa tenaga penjual mobil Suzuki menyebut belum membuka keran pemesanan, meski tak sedikit konsumen yang menanyakannya.
ADVERTISEMENT
"Dari pusat katanya awal tahun, tapi kami belum ada training soal produknya. Belum ada arahan juga boleh buka pemesanan," beber salah satu wiraniaga Suzuki di Jakarta Barat kepada kumparan, Kamis (31/10).
Suzuki XL6
Suzuki XL6 Foto: Maruti Suzuki
Soal bocorannya, XL7 akan punya ukuran serupa seperti XL6. Dari data teknis, panjang dimensinya 4.445 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.700 mm.
Dari luar, tampang Ertiga tidak lagi terlihat berkat penyematan grille, desain lampu dan bumper yang lengkap dengan underguard silver.
Melihatnya dari samping ada over fender juga roof rail yang mencirikan mobil crossover. Sementara desain velg, mengambil model Ertiga tipe GL.
Sedangkan dari belakang, tampilannya serupa Ertiga standar, pembedanya ada pada ornamen hitam di pintu bagasi, dan desain bumper.
Interior Suzuki XL6
Interior Suzuki XL6 Foto: dok. Istimewa
Kemudian interior akan didominasi warna hitam dengan layout dashboard serupa Ertiga kekinian.
ADVERTISEMENT
Adapun banderolnya Direktur Pemasaran Roda 4 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengungkapkan tidak jauh dari Ertiga tipe tertinggi yang sedang diniagakan.
"Belum bisa kami putuskan, pastinya di bawah Rp 300 jutaan," kata Donny.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan