kumparan
search-gray
Otomotif15 Februari 2020 19:21

Suzuki Optimistis XL7 Terjual 2 Ribu Unit Tiap Bulan

Konten Redaksi kumparan
Suzuki XL7
Tampilan depan Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Suzuki XL7 yang mengisi segmen low SUV diharapkan pabrikan dapat meningkatkan angka penjualan tahun ini. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan XL7 dapat memberikan kontribusi penjualan sebanyak dua ribu unit per bulannya.
ADVERTISEMENT
“Target market share XL7 di 2020 ini 20 persen dari market low SUV. Nah, market low SUV sendiri kira – kira 10 ribu unit per bulan, jadi 20 persen dari 10 ribu unit itu, kira-kira 2 ribuan unit (per bulan). Nah, itu target kami,” ujar Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra usai peluncuran XL7 di Jakarta, Sabtu (15/2).
Itu artinya, bila dihitung selama satu tahun, maka Suzuki memasang target dapat menjual Suzuki XL7 sebanyak 24 ribu unit.
Suzuki XL7
Eksterior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Kehadiran Suzuki XL7 juga jadi amunisi untuk bisa merebut kue pasar otomotif nasional. Sehingga bisa berdampak pada performa total jualan, yang sedikitnya bisa bertambah 20 persen
“Rata-rata penjualan kami sebelum ada XL7 kemarin, itu sepuluh ribu unit. Dengan ada tambahan dua ribu unit dari XL7, harapan kami bisa 12 ribu unit per bulan secara volume,” tambah Donny.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai target tersebut, tentu bukan perkara mudah. Selain karena kondisi pasar otomotif yang belum stabil, ketatnya persaingan di segmen low SUV juga bisa jadi penghambat tercapainya target Suzuki.
Oleh karena itu, berbagai strategi pun sudah disiapkan jenama Jepang ini. Seperti memberikan benefit kepada konsumen loyal, meningkatkan aktivitas dengan komunitas, dan memperbanyak program penjualan serta promo menarik.
Suzuki XL7
Tampilan samping Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra

Cashback Rp 3,5 juta

Sebagai awalan Suzuki langsung melakukan penetrasi pasar dengan memberikan cashback Rp 3,5 juta. Khususnya bagi loyalis yang ingin mengganti mobil Suzuki lamanya dengan XL7.
“Khusus untuk trade in konsumen loyal, ada tambahan cashback sekitar Rp 3,5 juta selama Februari ini,” tutur Donny.
Suzuki XL7
Interior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra

Gandeng komunitas dan klub Suzuki

Langkah strategi kedua yang disiapkan oleh PT SIS, yaitu dengan memperbanyak kegiatan yang melibatkan komunitas dan klub Suzuki. Dengan meningkatkan kegiatan bersama rekan komunitas dan klub Suzuki, diharapkan oleh pabrikan dapat memperbesar potensi pasar XL7.
ADVERTISEMENT
“Secara aktivitas, kami akan menggandeng rekan – rekan klub Suzuki sebagai advisor, bagaimana supaya kami bisa dekat dengan konsumen,” ucap Donny.
Suzuki XL7
Lampu depan Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra

Perbanyak program dan promo penjualan

Lalu strategi terakhir, Suzuki ke depannya akan memperbanyak ragam program dan promo penjualan. Tentu saja, dengan memberikan ragam program dan promo penjualan yang menarik, diyakini oleh Donny dapat menjadi daya tarik bagi calon konsumen Suzuki XL7.
“Kami juga akan banyak lakukan program penjualan, sales promo dan aktivitas gathering dengan customer loyal kami,” tutup Donny.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white