kumparan
23 November 2018 8:24

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Ban Motor Kini Tak Punya Garis Tengah

Ban sepeda motor (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Sadar atau tidak, ban-ban motor yang ada di pasaran kini punya alur dan kembangan yang makin beragam. Tapi dari variasi kembangan tersebut, beberapa pabrikan mulai mengurangi model ban yang memiliki garis tengah.
ADVERTISEMENT
Seperti pabrikan ban motor Corsa (PT Multistrada Arah Sarana) yang menawarkan banyak ban motor tanpa garis tengah. Ban-ban yang tersedia memiliki model alur yang beragam menyesuaikan kebutuhan.
Menjawab hal ini, Brand Manager Corsa Salomon Manalu menjelaskan, ban motor sudah memiliki kandungan kompon yang baik sehingga tidak diperlukan lagi garis tengah.
Kerikil yang menempel di celah alur ban motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
"Sekarang itu ban motor memang sedikit sekali yang masih ada garis tengahnya, ini karena teknologi kompon makin maju memiliki daya cengkram yang lebih baik sehingga bisa mengakomodir tanpa ada garis tengah," buka Salomon saat ditemui di Jakarta, Kamis (22/11).
Salomon menjelaskan, garis tengah yang juga merupakan alur pada ban motor berfungsi membelah air ketika permukaan jalan terdapat air yang menggenang, apalagi saat berkendara di bawah guyuran hujan
ADVERTISEMENT
"Garis tengah itu berfungsi ketika menerobos air untuk membuang air sebanyak-banyaknya sehingga ban punya daya cengkeram ke permukaan jalan," tambahnya.
Begitu pun saat kondisi siang dan permukaan jalan memiliki suhu yang tinggi. Ban tanpa garis tengah justru punya daya cengkram yang lebih baik.
Ban sepeda motor Corsa (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
"Tetap akan menggigit (ban ke permukaan jalan yang panas), kan daya cengkeram itu terjadi kalau suhu ban sudah tercapai, makanya kalau balapan itu ban diselimuti supaya suhunya dapat," ujarnya menjelaskan.
Menurutnya, baik ban depan maupun belakang sudah aman apabila tidak menggunakan ban dengan alur di tengah karena alasan tadi.
Meski begitu Salomon mengakui kalau Corsa masih menjual ban dengan model tersebut meskipun jumlah modelnya tidak sebanyak ban dengan kembangan yang lebih modern dan terlihat simpel.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan