Otomotif
·
14 Januari 2021 17:10

Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100006)
searchPerbesar
New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM
Toyota Fortuner generasi ketiga dijadwalkan akan diperkenalkan pertama kalinya pada 2022 mendatang. Demikian diungkapkan Chief Engineer, Toyota Motor Corporation, Yoshiki Konishi kepada Autocar India.
ADVERTISEMENT
"Kami akan meluncurkannya tahun depan," kata Yoshiki kepada Autocar.
Lebih lanjut, Yoshiki masih enggan membuka keran informasi lebih banyak lagi, khususnya terkait gambaran Fortuner baru.
Namun beberapa sumber mengatakan, akan ada pembaruan pada tampilan eksterior dan interior, beberapa hal teknis, ragam fitur baru, serta jantung pacu hybrid.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100007)
searchPerbesar
Mesin Hybrid pada All New Toyota Corolla Altis Foto: Aditya Pratama Niagara
Dari segi teknis, ubahan yang santer diberitakan, yaitu penggunaan power steering elektrik yang menggantikan power steering hidrolik. Ini jadi keunggulan, karena pengendalian bisa semakin lebih baik.
"Dalam waktu dekat, kami akan memperkenalkan EPS (Electric Power Steering) yang akan memudahkan kendaraan kami untuk dikendarai," sambung Konishi.
Selain itu, sektor kelistrikan juga akan mendapatkan ubahan signifikan yang jauh lebih baik.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100008)
searchPerbesar
New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM

Tetap pakai sasis ladder frame

Fortuner generasi ketiga, masih akan menggunakan platform ladder frame. Ini dianggap masih cocok, bagi kendaraan yang sering melintasi jalanan semi off-road seperti Fortuner.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, platform ladder frame yang digunakan akan mendapatkan beberapa penyesuaian, guna mengakomodir teknologi hybrid.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100009)
searchPerbesar
Interior New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM

Dibekali fitur Toyota Safety Sense

Paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense yang akan dimiliki Fortuner baru, ada radar cruise control, pre-collision warning, dan lane departure warning.
Fitur konektivitas pada mobil ini pun mendapatkan berbagai peningkatan, hal itu bertujuan untuk membuat penumpang di dalamnya jadi lebih nyaman.
"Fortuner generasi berikutnya akan memiliki item tambahan. Ini akan memiliki digitalisasi yang lebih besar, serta Toyota Safet Sense," beber Konishi.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100010)
searchPerbesar
New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM

Akan punya varian hybrid

Terakhir dan yang menarik. Jantung pacu Toyota Fortuner generasi ketiga ada tiga jenis mesin, yaitu bensin, diesel, hingga hybrid.
Sayangnya Konishi belum mau membocorkan spesifikasi varian hybrid yang akan disematkan pada Toyota Fortuner ini. Adapun untuk mesin yang dipakai Fortuner saat ini, meliputi mesin bensin 2,7 liter, Diesel 2,8 liter dan Diesel 2,4 liter.
ADVERTISEMENT
"Kami perlu memperkenalkan powertrain yang punya efisiensi tinggi pada Fortuner kami. Saat ini powertrain Diesel bukanlah yang terbaik. Sulit untuk memenuhi regulasi. Jadi, kami perlu beralih dari Diesel murni ke sistem Diesel plus hybrid, atau bisa juga powertrain lainnya," ucapnya.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100011)
searchPerbesar
Layout mesin Toyota Fortuner VRZ. Foto: dok. Mobil88
Rencana hadirnya Toyota Fortuner hybrid itu pun seolah menjawab, pernyataan Toyota Indonesia pada acara end year media gathering Desember 2020 lalu.
Kala itu, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Bob Azam, mengatakan pihaknya akan menghadirkan mobil hybrid. Model baru maupun berbasis mobil eksisting.
"Nah bila kami mau mempertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kami meng-hybrid-kan model yang sudah ada,"kata Bob saat itu.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Bob juga secara terang-terangan mengatakan mobil listrik bertenaga hybrid itu akan diproduksi di fasilitas produksi Toyota di Indonesia.
"Jadi bisa sekalian untuk pasar domestik dan ekspornya. Ya, kira-kira sudah bisa bacalah, kira-kira arah modelnya ke yang mana," ucap Bob.
Terungkap, Toyota Fortuner Hybrid akan Meluncur 2022 (1100012)
searchPerbesar
Ekspor Toyota Indonesia tumbuh hampir 1 persen. Foto: dok. TMMIN
Bila berkaca pada pernyataan Bob tersebut, memang dua produk Andalan Toyota, yaitu Fortuner dan Innova, jadi dua kandidat terkuat yang akan mendapatkan teknologi hybrid pada 2022 mendatang.
***