Otomotif
·
4 Juni 2020 16:32

Timbul Bercak Biru pada Ban Mobil, Apa Artinya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Timbul Bercak Biru pada Ban Mobil, Apa Artinya? (11931)
Ilustrasi ban berubah jadi biru. Foto: dok. Tacomaworld
Pernah menemukan ban mobil Anda timbul bercak biru pada sekitar area tepian dan dinding ban? Biasanya fenomena ini ditemukan pada ban mobil baru, dan sudah diajak melaju kecepatan tinggi.
ADVERTISEMENT
Warnanya kadang biru pekat, juga bisa biru muda. Namun yang membingungkan, tanpa disadari noda biru yang dimaksud bisa hilang sendiri seiring pemakaian.
Timbul Bercak Biru pada Ban Mobil, Apa Artinya? (11932)
Ilustrasi ban berubah jadi biru. Foto: dok. Tacomaworld
Lalu, apa arti bercak biru tersebut? Apakah pertanda kelainan pada ban mobil?
On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal menjelaskan, hal tersebut merupakan kewajaran. Warna biru yang timbul berasal dari reaksi senyawa ban, dalam proses pendinginan dari temperatur panas ketika ban berputar cepat.
"Tidak apa-apa, itu dari lapisan sealant ban waktu pembuatan. Biasa memang kami kasih lapisan sealant atau lapisan protect agar ban tidak kotor waktu pengiriman ke toko dari gudang," ujar Zul saat dihubungi kumparan, Rabu (3/6).
Timbul Bercak Biru pada Ban Mobil, Apa Artinya? (11933)
Ilustrasi ban berubah jadi biru. Foto: dok. Tacomaworld
Makanya fenomena ini kadang kita jumpai saat melipir ke rest area jalan tol, lalu melihat ban ada bercak biru pada bagian dindingnya.
ADVERTISEMENT
Mengacu laman Super Bike School, pada kasus tertentu bahkan dinding ban menjadi biru pekat. Ini juga karena senyawa ban, khususnya lapisan kompon mengandung rantai molekul yang kompleks.
Seiring dengan perubahan panas, senyawa tadi bereaksi dan menghasilkan warna biru yang keluar melalui pori-pori ban. Hal tersebut normal. Malah menandakan ban memiliki 'kehidupan' dari proses reaksi tadi.
Timbul Bercak Biru pada Ban Mobil, Apa Artinya? (11934)
Ilustrasi ban berubah jadi biru. Foto: dok. Tacomaworld
Apabila Anda terganggu dengan bercak tersebut, bisa segera langsung mencucinya. Malah Zul menganjurkan ketika mobil baru dibeli, cuci bannya dulu untuk menghilangkan lapisan tadi.
Cara mencucinya juga mudah. Cukup sikat permukaan ban sekaligus baluri pakai sabun. Meskipun belum bisa dibuktikan sepenuhnya, ini menjadi upaya minimal menghindari gejala tersebut. "Dicuci bisa, habis itu pakai semir khusus ban mobil, pasti hitam dan kinclong lagi," tambah Zul.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.