kumparan
search-gray
Otomotif29 April 2020 10:59

Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Pandemi Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
Otomotif, Test Drive, Daihatsu, Daihatsu Xenia, Xenia Baru
Ilustrasi berkendara. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah saja, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Namun bila harus keluar menggunakan mobil pribadi, harus tetap waspada.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, menggunakan mobil pribadi tak jadi jaminan terbebas dari virus ini. Nah supaya tetap aman dari virus Corona saat mengemudi mobil, ada beberapa tips ala Garda Oto yang bisa jadi bekal.
Berikut lebih jelasnya.

1. Bersihkan bagian mobil yang sering disentuh

Komponen-komponen yang kerap disentuh di antaranya setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman.
Suzuki XL7
Handle pintu. Foto: Bangkit Jaya Putra
Bagian mobil tersebut, sangat rentan akan virus dan menjadi sarang virus. Bagi pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut.
Cara pembersihannya juga ada aturannya, untuk setir mobil berbahan kulit, sebaiknya gunakan alat pembersih khusus kulit. Alternatif lain, bisa gunakan air yang sudah dicampur dengan sabun, dan gosok perlahan dengan sikat gigi, setelah itu di lap bersih dengan kain microfiber.
ADVERTISEMENT
Begitu juga dengan bahan plastik atau vinyl, hanya saja campuran air dan sabun jangan terlalu kental, karena bisa membuat permukaannya jadi lengket.

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Selanjutnya yang wajib dilakukan, jaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil, dengan mencucinya.
SQ- Ilustrasi cuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan. Foto: Shutter Stock
Dianjurkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir, dan sabun.
Jangan sampai luput, karena tangan merupakan anggota tubuh yang paling rentan sebagai media perantara dalam perpindahan virus Corona.
Selain itu selalu gunakan masker apalagi saat kita sakit demam, pilek, dan batuk.

3. Membawa Hand Sanitizer

Buat jaga-jaga dan lebih praktis, bisa juga membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil.
ADVERTISEMENT
Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa ke mana-mana.
Ilustrasi Hand Sanitizer
Ilustrasi Hand Sanitizer Foto: Dok. Shutterstock

4. Selalu Jaga Kesehatan Tubuh

Baiknya tetap menjaga kondisi tubuh, supaya sistem kekebalan badan kita bisa menangkal virus tersebut. Jalani pola hidup sehat.
Seperti istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum multivitamin khususnya vitamin C. Kemudian segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika Anda memiliki gejala terjangkit virus Corona.

5. Hubungi Garda Siaga untuk Bantuan Darurat di Jalan

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan nomor penting seperti salah satunya Garda Siaga, mengantisipasi ketika mobil tiba-tiba bermasalah di jalan, mogok misalnya.
Pasalnya di tengah pandemi virus Corona ini, jalanan tentu sepi dan otomatis akan sulit mendapatkan bantuan. Layanan Garda Siaga sendiri akan siap siaga selama 24 jam, buat memberikan pertolongan pertama kepada mobil pelanggan yang bermasalah.
ADVERTISEMENT
Caranya, bisa menghubungi layanan call center Garda Akses 1500112. Tim Garda Siaga kemudian akan meluncur ke lokasi.
=========
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white