Otomotif
·
11 Mei 2021 15:10

Tips Dongkrak Performa Motor agar Tetap Andal saat 'Adu Lari'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beberapa waktu lalu, tim kumparanOTO, sempat adu riding untuk melihat performa motor yang sedang jadi primadona, yakni NMAX dan PCX. Meski mempunyai tenaga yang hampir sama, ternyata PCX menang dalam persaingan tersebut.
Setelah ditelusuri, kemenangan tersebut bukan hanya berasal dari brand asal motor saja. Namun, motor PCX yang digunakan memiliki performa yang lebih andal dibanding motor NMAX. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya, mulai dari kondisi tekanan ban, bahan bakar yang digunakan, hingga perawatan motor termasuk rutinitas mengganti oli.
Tekanan ban yang sesuai standar bisa memaksimalkan daya cengkram ban dan membuatnya lebih awet, sehingga dapat membuat pengendara lebih aman dan nyaman. Sementara itu, menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan motor akan membuat mesin berjalan optimal, efektif, serta efisien.
Rutinitas mengganti oli juga tak kalah penting. Jika telat mengganti oli, komponen mesin kendaraan bisa mengalami keausan. Selain itu, mesin juga bisa cepat rusak dan temperaturnya naik.
Saat mengganti oli, jangan lupa untuk menyesuaikan pilihan oli dengan spesifikasi mesin. Sebab bila tidak tepat, hal itu dapat membuat tarikan motor jadi lebih berat dan mengakibatkan borosnya penggunaan bahan bakar.
Tips Dongkrak Performa Motor agar Tetap Andal saat 'Adu Lari' (2007)
searchPerbesar
Enduro Matic V. Foto: kumparan
Nah, untuk motor matik 150 cc ke atas, Anda bisa menggunakan Pertamina Enduro Matic V. Dengan base oil fully sintetik, Enduro Matic V memiliki tingkat kekentalan atau SAE 10W-40, serta sudah memenuhi standar mutu API SN dan JASO MB. Oli ini juga tahan suhu panas dan tingkat kekentalannya stabil dalam suhu rendah maupun tinggi, sehingga mampu memberikan perlindungan dari gesekan mesin kubikasi besar.
Hal ini juga yang membuat motor PCX punya performa yang lebih prima dibanding motor NMAX. Penasaran bagaimana keseruan adu riding PCX dan NMAX? Langsung nonton videonya di bawah ini, ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Pertamina Lubricants